Jakarta (ANTARA) - Kata dan ungkapan Masya Allah dan Subhanallah sangatlah sering kita dengar, namun banyak juga orang belum tahu betul konteks dan kapan waktu yang tepat untuk mengucapkannya.

Untuk mengetahui kapan dan bagaimana cara menggunakan kata "masyaallah" dan "subhanallah", berikut penjelasannya:

Arti kalimat "Masyaallah"

Tulisan Arab Masyaallah:

ما شاء الله

Di dalam bahasa Arab kata Masya Allah memiliki arti Allah sudah berkehendak akan hal tersebut. Hal ini tentunya bisa dipergunakan untuk ungkapan bagi seorang muslim dalam menunjukkan kekaguman terhadap seseorang, kejadian ataupun sesuatu.

Contoh kondisi untuk mengucap "Masyaallah" :
  1. Melihat keindahan alam
  2. Melihat bangunan megah dan indah
  3. Memasuki taman yang indah
  4. Memakai teknologi yang canggih
  5. Kagum terhadap sesuatu yang dimiliki orang lain

Arti kalimat "Subhanallah"

Tulisan Arab Subhanallah:

سُبْحَانَ اللّهُ

Kata subhanallah diambil dari Bahasa Arab dan memiliki arti “Maha Suci Allah”. Kalimat ini biasanya dilafalkan sebagai wiridan seusai shalat fardlu, namun tidak jarang kalimat ini sering terucap dan terdengar di tengah-tengah pergaulan hidup bermasyarakat.

Ucapan subhanallah akan sangat tepat jika dipergunakan setiap kali melihat ataupun mendengar hal-hal yang kurang baik serta berbagai keburukan.

Baca juga: Tulisan masya Allah yang benar, dalam latin dan Arab

Contoh kondisi untung mengucap "Subhanallah":

1. Saat merasa heran terhadap sikap seseorang

Hal ini dilakukan ketika Anda merasa heran kepada sikap seseorang. Sebagai contoh sifat yang terlalu aneh, terlalu kaku, terlalu bodoh dan lainnya.

2. Saat merasa heran ketika sesuatu terjadi

Ummu Salamah RA meriwayatkan bahwa pernah suatu malam, Rasulullah SAW ketika terbangun dari tidurnya Rasulullah SA terkadang tersentak dan bangun di malam hari, karena keheranan melihat sesuatu yang turun dari langit dan berkata:

“Subhanallah, betapa banyak fitnah yang turun di malam ini.” (HR Bukhari)

Jika disimpulkan dari penjelasan di atas maka kalimat "subhanallah" diucapkan ketika terjadi berbagai hal yang tidak pantas serta memiliki konotasi negatif. Sedangkan kalimat "masyaallah" dipergunakan untuk ungkapan ekspresi penghargaan serta pengingat jika semuanya dapat terjadi hanya karena kehendak Allah SWT.

Baca juga: Jawaban ketika dipuji Masya Allah oleh seseorang

Baca juga: Arti kata "Masya Allah" serta makna dan keutamaannya

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024