Caracas (ANTARA) - Bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa terjadi di pusat bersejarah Caracas, dengan akses menuju istana presiden Miraflores diblokir, lapor koresponden Sputnik dari lokasi kejadian. Bentrok tersebut menyusul hasil pemilihan presiden yang diselenggarakan di Venezuela sehari sebelumnya, yang menyatakan kepala negara petahana, Nicolas Maduro, memenangkan pemilihan presiden untuk masa jabatan ketiganya.

Di distrik pusat Caracas, ratusan orang bersenjata tongkat, beberapa dengan bom molotov tampak berkeliaran.

Sebagian besar pendemo menutupi wajah mereka dengan syal dan bandana. Para pengunjuk rasa melempar dan membakar puing-puing konstruksi di tengah jalan.

Di beberapa jalan, polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan para demonstran. Kendaraan lapis baja berjaga di dekat istana presiden.

Terdengar suara dentingan panci dan wajan di mana-mana, sebuah bentuk protes yang umum di Amerika Latin.

Pendukung oposisi di pusat Caracas melempar bom molotov ke polisi, dan polisi merespons dengan menggunakan gas, lapor koresponden Sputnik.

Tembakan terdengar beberapa kali di wilayah Avenida Urdaneta sebelumnya.

Gedung Majelis Nasional Venezuela dan Dewan Pemilihan Nasional (CNE) di pusat Caracas dijaga ketat oleh pasukan keamanan di tengah protes besar-besaran, lapor koresponden Sputnik dari lokasi kejadian.

Protes dimulai di berbagai kota di Venezuela pada Senin malam.

Ratusan orang berkumpul di pusat ibu kota, bentrok dengan polisi yang menggunakan gas air mata tidak terelakkan. Tembakan terdengar di jalan-jalan.

Petugas Garda Nasional yang menggunakan sepeda motor juga terlihat di jalan-jalan Caracas, beberapa di antaranya mengenakan masker gas.

Pemerintah Venezuela mengatakan bahwa sejumlah negara telah mengintervensi pemilihan dan hak rakyat untuk menentukan nasib sendiri.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Blinken: AS sangat khawatir atas hasil pilpres Venezuela
Baca juga: Nicolas Maduro dinyatakan menang pemilihan presiden Venezuela


Penerjemah: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024