Washington (ANTARA) - Mantan Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ia akan berbicara dengan FBI pada Kamis tentang insiden percobaan pembunuhan terhadapnya saat kampanye di Butler, Pennsylvania pada awal Juli.

"(FBI) akan datang pada hari Kamis untuk menemui saya," kata Trump kepada Fox News, Senin (29/7).

Trump lebih lanjut mengatakan bahwa ia yakin seharusnya ada petugas keamanan di atap gedung tempat pria bersenjata itu berada selama penembakan.

Calon presiden dari Partai Republik itu juga mengatakan bahwa Dinas Rahasia AS seharusnya berkomunikasi dengan polisi setempat, tetapi kenyataannya tidak.

Pada 13 Juli, Trump menderita luka tembak di telinga kanannya dan sempat dirawat di rumah sakit setelah terjadi percobaan pembunuhan saat kampanye di Butler. Thomas Crooks, 20 tahun, membunuh seorang penonton dan melukai dua orang lainnya di kerumunan sebelum Dinas Rahasia melumpuhkannya.

FBI terus menyelidiki percobaan pembunuhan tersebut. Insiden tersebut mendorong Direktur Dinas Rahasia AS Kimberly Cheatle untuk mengundurkan diri setelah mendapat kritikan karena tidak mencegah upaya pembunuhan tersebut.

Lebih lanjut, Trump juga mengomentari kemungkinan dirinya berdebat dengan calon presiden dari Partai Demokrat, Wakil Presiden Kamala Harris. Keduanya dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam debat yang diselenggarakan ABC pada 10 September.

"Jawabannya adalah ya. Saya mungkin akan berakhir dengan berdebat. Jawabannya adalah ya, tetapi saya juga dapat mengajukan alasan untuk tidak melakukannya," ucap Trump.

Trump menjelaskan bahwa dia bisa memutuskan untuk membatalkan debat karena ia tidak ingin memberi penghargaan kepada "berita palsu," seraya menambahkan bahwa ABC dapat meraup puluhan juta dolar dari debat tersebut. Ia juga menggambarkan jaringan ABC sebagai "perusahaan yang buruk."

Sumber : Sputnik
Baca juga: AS akan investigasi Secret Service menyusul upaya pembunuhan Trump
Baca juga: FBI temukan perangkat mencurigakan kedua di rumah penembak Trump
Baca juga: Biden: Terlalu dini pastikan penembakan Trump upaya pembunuhan


Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024