Jakarta (ANTARA) - Google menghadirkan fitur baru,  Cross-Device Services atau layanan lintas perangkat yang memudahkan pengguna mengoperasikan lebih dari satu perangkat Android.

Dilansir dari Engadget pada Selasa, saat ini terdapat dua fitur yang didukung oleh Cross-Device Services yakni Call Casting dan Internet Sharing.

Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini di perangkat Android dengan membuka Settings lalu pilih Google. Kemudian, klik Device & sharing dan pilih Cross-Device Services

Baca juga: Google tak lagi dukung Android Lollipop yang berusia satu dekade

Baca juga: Daftar OS Android yang masih didukung Google


Fitur Call Casting memungkinkan pengguna memindahkan panggilan video dari satu perangkat Android ke perangkat Android lainnya. Fitur ini bisa digunakan apabila pengguna menggunakan akun Google yang sama.

Contoh penggunaannya, saat sedang melakukan panggilan telepon, pengguna bisa memindahkan panggilan tersebut ke perangkat terdekat lain yang dideteksi oleh aplikasi. Sejauh ini, aplikasi yang mendukung fitur tersebut adalah Google Meet.

Untuk mengaktifkan fitur ini di Google Meet, pengguna cukup menekan tombol Cast yang terlihat mirip seperti ikon Cast/Chromecast.

Sedangkan fitur Internet Sharing memungkinkan pengguna secara otomatis membagikan akses hotspot dengan perangkat sendiri.

Fitur ini dapat digunakan di Chromebooks maupun perangkat Android yang terhubung dengan akun Google. Selain itu, pengguna juga perlu mengaktifkan Bluetooth dan lokasi perangkat.

Sayangnya, fitur Internet Sharing tidak dapat berfungsi di perangkat Samsung. Sebagai gantinya, Google menganjurkan pengguna perangkat Samsung menggunakan fitur auto-hotspot.

Fitur Cross-Device Service ini baru tersedia dalam versi beta pada Android 11+ yang menjalankan Google Play versi 24.29.34. Karena masih dalam tahap uji coba, Google akan memperluas aksesnya ke seluruh pengguna Android di kemudian hari.

Baca juga: "Circle to Search" berpotensi dapat dipakai untuk cari audio dan musik

Baca juga: Integrasi Google Messages dan Gemini tersedia di semua ponsel Android

Baca juga: Google bakal uji coba sistem anti pencurian gawai di Brazil

 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024