Jakarta (ANTARA) -
Dokter spesialis anak dr. Kanya Ayu Paramastri Sp.A mengatakan menjaga saluran cerna tetap sehat berperan penting pada pertumbuhan dan perkembangan anak dan menentukan masa depan anak.

"Apabila saluran cerna sehat, penyerapan makronutrien dan mikronutrien yang optimal, dapat memastikan anak bertumbuh dengan kecerdasan kognitif yang maksimal,” ujar dokter lulusan Universitas Brawijaya Malang melalui keterangan pers PT Kalbe Farma Tbk yang diterima, Senin (29/7).

Kanya mengungkapkan, anak pertama kali mengenal dunia sekitar bukan dengan melihat, melainkan melalui saluran cerna. Saluran cerna yang masih polos harus terisi dengan kuman baik atau probiotik.

Selain untuk merangsang pembentukan vitamin K, juga untuk berjaga dan bertahan terhadap serangan kuman jahat di lingkungan sekitar si bayi.

Baca juga: Penggunaan probiotik solusi jaga kesehatan saluran cerna anak

Baca juga: Dokter: Saluran cerna berperan penting membentuk kekebalan tubuh anak


Selain memberikan manfaat kesehatan pada lambung dan usus, probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu perkembangan kesehatan otak si kecil.

"Fase oral pada bayi adalah fase yang paling mendebarkan untuk orang tua, di satu sisi bersemangat karena anak sedang mengenal dunia dan mempersiapkan dirinya untuk MPASI, tapi di sisi lain, khawatir bahaya diare berulang mengancam," ujarnya.

Pada fase ini tidak ada salahnya menggunakan probiotik, untuk memastikan tentara tubuh dan kuman baik saluran cerna selalu dalam keadaan terbaik untuk berjaga-jaga melawan kuman jahat, jelas dr. Kanya.

Sementara itu dalam upaya mendukung tumbuh kembang dan kesehatan saluran cerna, Kalbe mengadakan edukasi kepada masyarakat dalam penggunaan prebiotik dan vitamin D sebagai salah satu upaya melawan stunting, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.

"PT Kalbe Farma Tbk berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam hal kesehatan anak, terutama dalam program stunting. Bukan saja melalui penyediaan produk berkualitas seperti probiotik dan vitamin D3, tetapi juga dengan konsisten menyenggarakan kegiatan edukasi bagi para orang tua sehingga stunting bisa dicegah,” ujar Pharma Marketing Deputy Director PT Kalbe Farma Tbk, dr. Selvinna, M.Biomed.

Kalbe Farma berkomitmen memberikan yang terbaik bagi kesehatan anak-anak Indonesia, salah satunya melalui produk prebiotik yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi.

"Kalbe Farma selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi kesehatan anak-anak Indonesia, salah satunya melalui produk Liprolac yang tersedia dalam bentuk drops (Liprolac Baby) dan sachet (Liprolac Kids). Liprolac dirancang khusus untuk menjaga keseimbangan mikrobiota usus, menjadikan pencernaan yang sehat, penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal sehingga membantu mendukung tumbuh kembang anak secara keseluruhan,” tambah Product Executive Child PT Kalbe Farma Tbk, apt. Bernadeta Pratika Yudi.

Dunia anak disebut dengan dunia bermain, yang membantu anak mengeksplorasi dan belajar banyak hal di sekitarnya. Proses belajar tersebut dapat berjalan baik dengan mood dan imun tubuh anak yang optimal.

Selain jam tidur, imunisasi, menjaga higienitas, serta pemenuhan asupan makronutrien dan mikronutrien, vitamin D juga berperan penting dalam menjaga kesehatan anak. Salah satu vitamin D3 yang aman untuk anak ialah Prove D3 berbentuk drops, dengan kandungan vitamin D3 400 IU di setiap tetesnya.

“Vitamin D berperan penting dalam proses pertumbuhan tulang dan imunitas anak, yang merupakan elemen krusial dalam mencegah stunting. Melalui produk Liprolac probiotics dan Prove D3 drops, kami berharap dapat membantu para orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak secara optimal,” tutup Bernadeta.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 100 orang tua dan anak. Para orang tua itu dari berbagai komunitas, yakni komunitas Prove mom, mommils, momdoc.id, masyarakat awam di Jabodetabek, dan customer loyal Kalbe. Pada perayaan HAN bersama Kalbe, para orang tua melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak-anak serta tersedia pemeriksaan kesehatan gratis di lokasi acara.

Baca juga: Saluran cerna yang sehat penting bagi perkembangan otak dan otot anak

Baca juga: Jaga kesehatan saluran cerna anak dengan asupan prebiotik

Baca juga: Rekomendasi makanan seimbangkan mikrobiota saluran cerna anak

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024