Parlemen Krimea telah mengadopsi sebuah mosi untuk Krimea guna bergabung dengan Rusia. Parlemen telah meminta presiden dan parlemen Rusia untuk mempertimbangkan permohonan ini"
Moskow (ANTARA News) - Parlemen Krimea setuju wilayahnya menjadi bagian Rusia, demikian kantor berita RIA Novosti mengutip teks hasil keputusan parlemen regional itu seperti dilaporkan Reuters.

Parlemen Krimea setuju masuk ke Federasi Rusia dengan hak-hak yang tercakup dalam Federasi Rusia, bunyi teks tersebut.

Sementara itu wakil perdana menteri Krimea, Rustam Temirgaliev, menyebutkan bahwa referendum untuk status wilayah Krimea akan diselenggarakan 16 Maret nanti.

Kantor berita RIA menyebutkan bahwa isi referendum akan berupa pertanyaan apakah Krimea tetap menjadi bagian Ukraina atau bergabung dengan Federasi Rusia.

Sementara itu kantor berita AFP melaporkan bahwa otoritas Krimea telah meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mempelajari permohonan Krimea gua bergabung dengan Federasi Rusia yang akan menggelar referendum 16 Maret nanti.

"Parlemen Krimea telah mengadopsi sebuah mosi untuk Krimea guna bergabung dengan Rusia. Parlemen telah meminta presiden dan parlemen Rusia untuk mempertimbangkan permohonan ini," kata anggota parlemen Grigoriy Ioffe kepada  AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014