Kami tentunya sangat berharap kucuran dana Otsus ini dapat tepat sasaran dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Papua
Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengharapkan alokasi dana otonomi khusus (Otsus) dapat tepat sasaran kepada masyarakat orang asli Papua (OAP).

“Alokasi dana Otsus tahun ini mengalami peningkatan menjadi Rp210 miliar dari Rp177 miliar pada 2023,” kata Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Selasa.

Menurutnya, dana Otsus tersebut diturunkan ke 35 organisasi perangkat daerah (OPD) teknis dan 19 distrik melalui bentuk program dan kegiatan.

“Kami tentunya sangat berharap kucuran dana Otsus ini dapat tepat sasaran dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan program dan kegiatan yang dikerjakan telah melewati rangkaian pembahasan yang dinamakan musyawarah perencanaan pembangunan daerah (Musrenbang) Otsus.

“Peruntukannya pun sudah sangat jelas, sektor-sektor mana saja yang diprioritaskan, sehingga dapat mensejahterakan serta meningkatkan taraf hidup OAP di 139 kampung dan lima kelurahan,” katanya.

Dia menambahkan program pemberdayaan dan ekonomi kerakyatan serta peningkatan sanitasi, air bersih merupakan program yang dikhususkan kepada OAP di 139 kampung dan lima kelurahan.

“Selain kegiatan itu ada juga dukungan pencegahan stunting atau pertumbuhan lambat melalui makanan tambahan kepada sekolah dan posyandu,” ujarnya.

Baca juga: Disperkim Biak alokasi dana otsus Rp1,6 miliar rehab rumah OAP
Baca juga: Dispar Kota Jayapura kelola dana otsus 2024 sebesar Rp6 miliar
Baca juga: DJPb: Penyaluran dana otsus 2024 untuk dua provinsi Rp698,24 miliar

 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024