Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer di Indonesia kemarin (Senin, 29/7), mulai dari waspada kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera, Jawa dan Kalimantan hingga, warna negara asing (WNA) asal Prancis tewas di Pantai Walur, Lampung.  


1) BNPB: Waspadai potensi karhutla masih tinggi hingga Agustus

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta semua pihak mewaspadai potensi kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulau Sumatera, Jawa dan sebagian Kalimantan yang masih tinggi hingga dasarian I bulan Agustus 2024.

Berdasarkan hasil pantauan satelit tim BNPB secara umum di wilayah Indonesia bagian barat selama periode tersebut belum didapati sebaran awan penghujan yang memungkinkan kerawanan lahan terbakar masih tinggi.

Baca selengkapnya di sini:


2) Kebakaran hutan kembali terjadi di Trenggalek

Kebakaran hutan kembali terjadi di kawasan hutan kelolaan Perhutani di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dan menyebabkan vegetasi tanaman di lahan seluas 0,3 hektare hangus dilalap si jago merah.

Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek Triadi Atmono mengatakan, kebakaran kali ini melanda kawasan hutan di Gunung Orak-arik yang berlokasi di Desa Jatiprahu, Kecamatan Karangan.

Kebakaran sebelumnya terjadi di lereng Gunung Jaas yang berada persis di pinggiran Kota Trenggalek, berjarak kurang dua kilometer dari pendopo dan taman alun-alun Kota Trenggalek

Baca selengkapnya di sini:


3) BPOM respons isu jentik di galon AMDK yang dikabarkan di Tiktok

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan tidak mungkin hanya ada satu galon air minum dalam kemasan (AMDK) yang tercemar jentik-jentik nyamuk jika hal itu benar-benar terjadi seperti dikabarkan oleh salah satu akun TikTok.

Direktur Standardisasi Pangan Olahan SPO BPOM Dwiana Andayani mengatakan kalau hanya satu galon yang ada jentik, perlu diketahui sudah berapa lama AMDK tersebut (produksinya), penyimpanan, apabila ada kebocoran, dan lain-lain.

“Tapi yang jelas, tidak mungkin hanya satu saja yang tercemar jika memang itu benar-benar disebabkan saat proses produksinya. Itu perlu dilihat lagi kebenarannya,” katanya.


Baca selengkapnya di sini:


4) Bamsoet minta mahasiswa utamakan integritas di tengah peningkatan AI

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet meminta para mahasiswa menjunjung tinggi integritas di tengah peningkatan pemanfaatan artificial intelligence (AI) dalam dunia pendidikan saat ini.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga menekankan orientasi pendidikan mahasiswa tidak boleh hanya fokus pada kecerdasan akademik, melainkan juga harus memiliki karakter.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemahaman terhadap wawasan kebangsaan juga perlu ditanamkan bersamaan dengan sikap berpikir kritis, analitis, kreatif, dan imajinatif, kata dia.

Baca selengkapnya di sini:


5) WNA asal Prancis ditemukan tewas di Pantai Walur Pesisir Barat Lampung

Warga negara asing (WNA) asal Prancis bernama Leo Bauthamy ditemukan tewas usai tenggelam di perairan Pantai Walur, Pekon (Desa) Walur, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Senin sekitar pukul 14:02 WIB.


Baca selengkapnya di sini:

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024