Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum, kriminal dan penegak hukum terjadi di sepanjang Senin (29/7).

Dari mulai Kepala BP2MI diperiksa hingga korupsi Gubernur Maluku Utara. Berikut beberapa berita menarik yang telah dirangkum ANTARA:

1. Bareskrim Polri kembali minta keterangan Kepala BP2MI pada Kamis

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri akan kembali memanggil Kepala BP2MI Benny Rhamdani pada Kamis (1/8) untuk dimintai keterangan sebagai saksi terkait sosok berinisial 'T' di balik praktik judi online atau daring.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan, pemanggilan tersebut untuk melanjutkan agenda mendengarkan klarifikasi pada Senin yang diminta ditunda oleh Benny.

Baca di sini

2. Dirjen HAM Kemenkumham: KUHP baru atur tegas kohabitasi-perzinahan

Bandung (ANTARA) - Direktur Jenderal HAM, Kementerian Hukum dan HAM, Dhahana Putra, mengungkapkan bahwa Kitab UndangUndang Hukum Pidana (KUHP) baru mengatur lebih tegas lagi mengenai kohabitasi/perselingkuhan dan perzinahan.

"Bagi pasangan yang belum menikah perlu memahami bahwa dalam KUHP baru, kohabitasi juga memiliki konsekuensi hukum," kata Dhahana saat menyoroti maraknya kasus perselingkuhan yang ramai di media sosial, dalam keterangan yang diterima di Bandung, Senin.

Baca di sini

3. Komisi III: DPR perdana buat kesimpulan RDPU dalam kasus Ronald Tannur

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman mengatakan bahwa DPR baru pertama kali membuat kesimpulan dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) ketika melakukan audiensi terkait kasus penganiayaan Ronald Tannur yang dijatuhi vonis bebas oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

"Ini mungkin pertama kali DPR membuat kesimpulan RDPU, kenapa? Sebelumnya enggak ada kesimpulan, kalau RDPU itu kita dengar, tampung saja, tapi ini pertama kali kita punya kesimpulan dalam RDPU," kata Habiburokhman ditemui usai rapat audiensi bersama keluarga korban, Dini Sera Afrianti, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Baca di sini

4. Komisi III endus dugaan hanky panky di balik vonis bebas Ronald Tannur

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menduga ada modus hanky panky di balik putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya yang menjatuhkan vonis bebas kepada terdakwa Gregorius Ronald Tannur.

"Diduga ada hanky panky apa yang diputuskan oleh hakim. Diduga ada hanky panky," kata Sahroni saat memimpin rapat audiensi Komisi III DPR bersama keluarga korban penganiayaan Dini Sera Afrianti di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Baca di sini

5. KPK geledah lima lokasi sidik korupsi eks Gubernur Maluku Utara

Jakarta (ANTARA) - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah lima lokasi terkait penyidikan dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka mantan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK).

"Penyidik melakukan kegiatan penggeledahan pada tiga kantor milik swasta yang berlokasi di Jakarta Selatan dan di Jakarta Utara serta dua rumah yang berlokasi di Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024