Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa yang berkaitan dengan isu politik terjadi di sepanjang Senin (29/7), kemarin.

Dari mulai surat rekomendasi partai politik (parpol) kepada kader-nya dalam Pilkada 2024 hingga UU NRI 1945.

Berikut ragam berita politik yang telah dirangkum ANTARA:

1. Perindo beri surat rekomendasi untuk 50 bakal calon kepala daerah

Jakarta (ANTARA) - Partai Perindo memberikan surat rekomendasi untuk 50 bakal calon kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Ada 50 calon kepala daerah yang diberikan rekomendasi. Sebenarnya 60 yang sudah saya tanda tangan, tetapi sepuluh-nya mendadak tidak sempat hadir," kata Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dalam acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Perindo di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (29/7) malam.

Baca di sini

2. PSI usung kader-nya untuk bertarung dalam pilkada di 15 daerah

Jakarta (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusung kader-nya dengan memberikan surat rekomendasi untuk bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di 15 daerah.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengatakan para kader yang didukung merupakan perpaduan dari kalangan senior dan anak muda yang dinilai memiliki kompetensi.

Baca di sini

3. PKS NTB keluarkan SK dukungan paket "Aqur" untuk Pilkada Mataram

Mataram (ANTARA) - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Nusa Tenggara Barat, memberikan surat keputusan dukungan kepada bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram H Lalu Aria Dharma BS dan H Weis Arqurnain (Aqur) sebagai syarat maju dalam Pilkada 2024.

Surat Keputusan (SK) dukungan tersebut diserahkan langsung Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi NTB H Yek Agil Haddar kepada pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram H Lalu Aria Dharma BS dan H Weis Arqurnain (Aqur) di aula DPW PKS jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin.

Baca di sini

4.KSAU pastikan TNI AU halau setiap ancaman di ruang udara IKN

Yogyakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono memastikan jajarannya siap menghalau setiap potensi ancaman di ruang udara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dengan alat utama sistem senjata (alutsista) yang ada.

Tonny Harjono di Kompleks Lapangan Dirgantara Kesatrian Akademi Angkatan Udara (AAU), Yogyakarta, Senin, mengatakan Pesawat Sukhoi siap diterbangkan dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hasanuddin, Makassar manakala terdeteksi penerbangan gelap di ruang udara IKN.

Baca di sini

5. TNI AL dan RAN rampung latihan bersama di perbatasan RI-Australia

Jakarta (ANTARA) - Jajaran prajurit TNI Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Laut Australia (RAN) merampungkan Latihan Bersama Cassowary Exercise (Latma Cassoex) 2024 di perairan perbatasan RI-Australia di Samudera Hindia.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada (Koarmada) III Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat saat dihubungi di Jakarta, Senin, menjelaskan latihan yang diikuti oleh KRI Dorang-874 dari Koarmada III TNI AL dan HMAS Broome 90 dari RAN itu ditutup dengan sesi saling tukar cenderamata di atas geladak kapal perang Australia, Minggu (28/7).

Baca di sini

6. MPR: Alasan UUD NRI 1945 perlu disempurnakan demi kuatkan legislatif

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI dari kelompok DPD Fadel Muhammad mengatakan salah satu alasan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 perlu disempurnakan adalah kebutuhan melakukan penguatan terhadap lembaga legislatif.

"Salah satu alasan yang membuat UUD NRI 1945 perlu disempurnakan adalah kebutuhan melakukan penguatan terhadap lembaga MPR, DPR dan DPD RI," kata Fadel dalam rilis resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024