Jakarta (ANTARA) -
Petenis putri andalan Indonesia Aldila Sutjiadi kembali berduet dengan atlet asal Jepang, Miyu Kato, untuk mengikuti tur Asosiasi Tenis Wanita (WTA) di Amerika Serikat (AS).
 
Aldila sebelumnya sempat berpasangan dengan petenis Asia Muhammad untuk mengikuti turnamen di Eropa, namun kini akan memulai petualangannya di AS bersama Miyu, guna berlaga di berbagai turnamen WTA, termasuk US Open 2024.
 
"Prestasi yang kami (duet dengan Miyu) raih tahun lalu di hardcourt (lapangan keras) menjadi motivasi untuk kembali berkolaborasi di US Open tahun ini. Kami ingin bisa melampaui pencapaian sebelumnya dan meraih hasil yang lebih baik," kata Aldila dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.
 
Turnamen pertama yang akan diikuti keduanya adalah Mubadala Citi DC Open 2024 (WTA 500).

Baca juga: Setelah terhenti di Wimbledon, Aldila alihkan fokus ke US Open
 
Pada pertandingan pertama atau babak 16 besar, pasangan itu berhadapan dengan Olivia Nicholls (Inggris) dan Tereza Mihalikova (Slovakia), pada Selasa (30/7) waktu setempat.
 
Selama berpasangan, Aldila/Miyu memiliki catatan baik dan telah menunjukkan performa yang konsisten di permukaan hardcourt pada 2023.
 
Keduanya berhasil mencapai perempat final di Cincinnati dan keluar sebagai juara di Cleveland. Pada US Open 2023, mereka juga berhasil melaju hingga babak 16 besar.
 
Aldila mengungkapkan, dirinya sangat senang bisa kembali berpasangan dengan Miyu.
 
Menurut dia, Miyu adalah petenis yang lincah dan cepat.
 
Ia juga mengaku memiliki chemistry yang baik di lapangan dan sudah meraih beberapa gelar bersama, sehingga berharap performa bagus itu akan terus berlanjut.
 
Setelah menyelesaikan rangkaian turnamen di Amerika Serikat, Aldila akan berlaga di Grand Slam US Open 2024 untuk mewujudkan mimpinya menjadi petenis Indonesia yang meraih gelar juara Grand Slam.
 
Aldila berharap bisa meraih hasil terbaik di turnamen tersebut dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.
 
"US Open adalah salah satu turnamen paling bergengsi di dunia. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mencapai babak akhir dan meraih gelar juara," ujar perempuan berumur 29 tahun itu.
 
Sementara itu, pasangan Aldila Sutjiadi/Miyu Kato telah membuktikan diri sebagai salah satu pasangan ganda putri yang disegani di dunia. Keduanya telah meraih beberapa gelar bergengsi di berbagai turnamen WTA, terakhir mereka menjadi juara di Thailand Open 2024.
 
Setelah US Open, Aldila direncanakan kembali ke Tanah Air untuk mempersiapkan diri tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara pada 8-20 September.

Dalam ajang nasional itu, Aldila memiliki ambisi untuk kembali meraih medali emas di ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Baca juga: BNI dukung penuh Aldila raih impian juara Grand Slam

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024