Jakarta (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut menyiapkan korvet KRI Bung Tomo-357 untuk mengikuti Latihan Bersama Terkoordinasi (Latma Codex) 24B 2024 dengan Angkatan Laut Vietnam di perairan Vietnam pada 19–24 Agustus.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I TNI AL Kolonel Laut (P) Yoni Nova Kusumawan saat dihubungi di Jakarta, Senin, menyampaikan Panglima Komando Armada I TNI AL Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi mengecek langsung kesiapan KRI Bung Tomo yang sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin.

“Dalam peninjauannya, Pangkoarmada I menerima paparan kesiapan kondisi teknis dan rencana garis besar (RGB) Codex oleh Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Dedi Gunawan Widyatmoko di Lounge Room Perwira KRI Bung Tomo,” kata Kadispen Koarmada I.

Dia melanjutkan Pangkoarmada I kemudian lanjut mengecek anjungan dan pusat informasi tempur (PIT) KRI Bung Tomo (TOM)-357. Laksda Yoos juga memberikan arahan kepada para pengawak KRI TOM-357 sebelum mereka berlayar ke Vietnam mengikuti Latma Codex 24B 2024.

“Latma Codex 24B Tahun 2024 rencana dilaksanakan selama 6 hari dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 24 Agustus 2024 di perairan Vietnam. Latihan ini digelar untuk meningkatkan profesionalisme, kepercayaan, dan kerja sama di bidang militer antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Vietnam,” kata Kolonel Yoni.

Latma Codex pertama kali digelar pada 2022 di perairan Batam dan Bintan, Kepulauan Riau. Dalam latihan itu, yang menggunakan sandi Codex 22B-I, TNI AL juga mengerahkan KRI Bung Tomo-357 untuk berlatih bersama kapal perang Vietnam HQ 012-Ly Thai To.

Latihan bersama terkoordinasi itu merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang disepakati angkatan laut dua negara pada 2021.

Indonesia dan Vietnam berbagi wilayah perairan di Laut China Selatan, yang mana untuk bagian selatan Laut China Selatan masuk dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia yang saat ini disebut sebagai Laut Natuna Utara.

Baca juga: KSAL serahkan Mobile EM Radar ke Marinir untuk perkuat deteksi ancaman
Baca juga: Marinir TNI AL latihan operasi amfibi saat puncak Latma Rimpac Hawaii

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024