Jakarta (ANTARA) - Pembalap Carlos Sainz resmi bergabung dengan tim balap Williams untuk menghadapi Formula 1 musim 2025.

“Saya sangat senang mengumumkan bahwa saya akan bergabung dengan Williams Racing mulai 2025 dan seterusnya,” kata Sainz, dikutip dari laman resmi Formula 1, Senin.

Pembalap berusia 29 tahun itu akan membalap bersama Alexander Albon untuk Williams setidaknya hingga musim 2026.

Sebelumnya, Sainz harus kehilangan tempatnya di Ferrari setelah juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton memutuskan hengkang dari Mercedes dan bergabung ke tim kuda jingkrak tahun depan.

Sainz mengatakan pilihannya jatuh kepada Williams karena sejarah tim yang hebat. Namun, ia tak menampik bahwa memerlukan waktu cukup lama baginya untuk memberikan keputusan final terkait masa depannya di kelas balap mobil premier ini.

“Bukan rahasia lagi bahwa pasar pembalap tahun ini sangat kompleks karena berbagai alasan dan butuh waktu bagi saya untuk mengumumkan keputusan saya,” ungkap Sainz.

“Namun, saya sepenuhnya yakin bahwa Williams adalah tempat yang tepat bagi saya untuk melanjutkan perjalanan F1 saya, dan saya sangat bangga bergabung dengan tim yang bersejarah dan sukses seperti ini, tempat banyak pahlawan masa kecil saya membalap di masa lalu dan meninggalkan jejak mereka pada olahraga ini,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Verstappen siapkan strategi demi bisa kompetitif hadapi GP Belgia

Pembalap Spanyol itu mengatakan ia memiliki tujuan untuk membawa Williams kembali kompetitif seperti pada masa kejayaannya dahulu.

“Saya yakin bahwa tim ini memiliki semua hal yang tepat untuk membuat sejarah lagi. Dan, mulai 1 Januari (2025), saya akan memberikan yang terbaik untuk membawa Williams maju bersama setiap anggota tim,” ujar Sainz.

Direktur Tim Williams James Vowles mengatakan kehadiran Sainz di tim akan memberikan warna tersendiri pada kompetisi musim depan.

Ia menilai, Sainz telah menunjukkan kemampuannya sebagai salah satu pembalap paling cepat dan berbakat di grid tahun ini.

“Dengan Alex dan Carlos, kami akan memiliki salah satu jajaran pembalap paling tangguh di grid dan dengan pengalaman luas untuk membimbing kami memasuki regulasi baru pada 2026,” kata Vowles.

Baca juga: Norris miliki ekspektasi lebih jelang kualifikasi GP Belgia
Baca juga: Piastri tepis rumor merenggangnya hubungan baik dengan Norris


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024