Surabaya (ANTARA) - Pelatih Timnas Malaysia U-19 Juan Torres Garrido menyatakan harus meningkatkan kualitas permainan anak asuhnya untuk menatap kualifikasi Piala Asia U-20 2025 setelah gagal meraih gelar dalam Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship.
 
"Kami perlu meningkatkan permainan di sepertiga akhir, tentu saja juga dalam banyak hal. Kami baru saja mulai mempersiapkan tim ini. Kami sedang mempersiapkan pemusatan latihan sebelum kompetisi, sebelum kualifikasi (Piala Asia U-20 2025) pada September," ucap Juan Torres saat konferensi pers usai pertandingan perebutan tempat ketiga melawan Australia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin sore.
 
Juan Torres memastikan, untuk persiapan kualifikasi Piala Asia U-20 2025 anak asuhnya akan menjalani pemusatan latihan di luar Malaysia.
 
"Itu seharusnya menjadi pemusatan latihan di luar negeri, tetapi detailnya dirahasiakan," katanya.
 
Terkait berapa persen pemain yang akan dipertahankan dalam kualifikasi Piala Asia tersebut, dirinya belum bisa memastikan karena ada beberapa hal yang tidak bisa diprediksi.
 
"Kita lihat saja nanti. Anda tahu, kompetisi terkadang berbenturan dengan liga. Mudah-mudahan sebagian besar dari mereka akan bisa," kata pelatih asal Spanyol itu.
 
Namun, dalam laga melawan Australia sebagai evaluasi, dirinya sudah cukup puas atas permainan timnya karena mencoba mendominasi pertandingan.
 
Baca juga: Final AFF U-19, Indonesia pimpin skor sementara 1-0 lawan Thailand 

"Saya pikir siapa pun yang telah menonton pertandingan ini (lawan Australia) dapat mengidentifikasi cara kami ingin bermain, cara kami mencoba mendominasi permainan, dan saya puas," ujarnya.
 
Terlebih, timnya juga mengalami kelelahan dalam laga perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-19 karena jeda istirahat hanya satu hari.
 
"Saya pikir itu pertandingan yang cukup bagus, mengingat semua keadaan kedua tim, datang dengan hanya satu hari istirahat. Jadi saya pikir secara keseluruhan itu adalah pertandingan yang sangat bagus," tuturnya.
 
Timnas Malaysia U-19 tidak mendapatkan gelar apa pun setelah dikalahkan Australia lewat adu penalti dengan skor 3-5 usai bermain imbang 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.
 
Dalam adu penalti, lima penendang Australia berhasil melesakkan bola ke gawang Malaysia dengan baik. Sedangkan Malaysia gagal saat tendangan Muhammad Zachary ditepis dengan baik oleh Daniel Alexander dan skor akhir menjadi 5-3 untuk Australia.

Baca juga: Australia peringkat ketiga AFF U-19 menang adu penalti lawan Malaysia
Baca juga: Pelatih Australia nilai anak asuhnya dapat pelajaran berharga

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024