Surabaya (ANTARA) - Pelatih Timnas Australia U-19 Trevor Morgan menilai anak asuhnya mendapatkan pelajaran berharga selama mengikuti Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship yang berlangsung di Surabaya.
 
"Para pemain, menurut saya, setelah ini akan belajar bagaimana mengelola situasi dengan lebih baik, karena sebagian dari mereka ada yang membuat kesalahan, sebagian terkait posisi pemain," kata Trevor Morgan saat konferensi pers usai pertandingan perebutan tempat ketiga melawan Malaysia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin sore.
 
Terkait gol penyama saat melawan Malaysia, menurut dia, dikarenakan anak asuhnya belum bisa mengatasi tendangan dari sisi lapangan ataupun sepakan pojok dan hal itu yang akan diperbaiki ke depannya.
 
"Jika itu terjadi, para pemain harus memiliki ketahanan dan pola pikir untuk terus maju dan tidak membiarkannya (gol bunuh diri) memengaruhinya," ucapnya.
 
Setelah ini, lanjutnya, pihaknya akan menyiapkan tim untuk berlaga pada kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Arab Saudi pada September.
 
"Pada September kami akan bermain di Arab Saudi dan kami akan menjalani banyak pertandingan seperti ini, jadi ini (Piala AFF U-19) pembelajaran yang bagus. Sekarang para pemain akan memiliki kesempatan untuk beristirahat dan merenungkan bagaimana penampilan mereka di ajang saat ini," ujarnya.
 
Sementara itu, pemain timnas Australia U-19 Zane Sam Helweh berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dirinya dan tim selama mengikuti Piala AFF U-19.
 
Baca juga: Australia peringkat ketiga AFF U-19 menang adu penalti lawan Malaysia

"Terima kasih telah memercayai saya di seluruh turnamen. Dan tentu saya ucapkan terima kasih kepada Tuhan, keluarga, dan semua staf pelatih juga. Jadi jelas kami memang ingin menang, semua pemain bangkit dan finis ketiga, jadi kami akan menerimanya," ujarnya.
 
Timnas Australia U-19 menempati peringkat ketiga Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship setelah mengalahkan Malaysia lewat adu penalti dengan skor 5-3 usai bermain imbang 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin sore.
 
Dalam adu penalti, lima penendang Australia berhasil melesakkan bola ke gawang Malaysia dengan baik. Sedangkan Malaysia gagal saat tendangan Muhammad Zachary ditepis dengan baik oleh Daniel Alexander dan skor akhir menjadi 5-3.

Baca juga: Timnas U-19 turunkan kekuatan terbaik lawan Thailand di final
Baca juga: Timnas Indonesia ingin juara Piala AFF U-19 2024, ini saran Ponaryo

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024