Di tengah situasi-kondisi dan medan yang amat berat, di tengah gempuran Israel, alhamdulillah LAZISNU melalui AWC bisa kembali menyalurkan bantuan kepada saudara-saudara kita di Gaza
Jakarta (ANTARA) - NU Care-LAZISNU kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa paket makanan untuk masyarakat di Gaza, Palestina, melalui mitra lokal Althoure-Silwan Women Center (AWC), lembaga yang berbasis di Yerusalem.

"Di tengah situasi-kondisi dan medan yang amat berat, di tengah gempuran Israel, alhamdulillah LAZISNU melalui AWC bisa kembali menyalurkan bantuan kepada saudara-saudara kita di Gaza," ujar Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil di Jakarta, Senin.

Adapun bantuan yang disalurkan dalam bentuk paket makanan keluarga, berupa minyak 5 kg, kurma 2 kg, beras 5 kg, gula 3 kg, dan aneka makanan kaleng dengan total 300 paket.

"Bantuan tersebut diterima oleh 300 keluarga di Gaza, dan satu keluarga itu berjumlah 7 orang. Jadi bantuan ini alhamdulillah bisa diterima oleh sekitar 2.100 warga Gaza" kata Qohari.

Baca juga: NU Care-LazisNU salurkan bantuan paket pangan bagi masyarakat Gaza

Ia menyebut dalam waktu dekat NU Care-LAZISNU melalui AWC masih akan terus mendistribusikan bantuan kemanusiaan yang dilakukan di sejumlah titik di Gaza dan Tepi Barat.

"Masih ada empat bantuan lagi yaitu paket makanan untuk 200 keluarga di Tepi Barat, paket nutrisi untuk ratusan anak-anak di Gaza dan Tepi Barat, penyaluran 10 tangki air bersih, dan pemasangan pipa air bersih di empat titik di Gaza dan Tepi Barat," katanya.

Ia menyampaikan bahwa penyaluran bantuan kemanusiaan lewat AWC sudah dilakukan dalam 5 (lima) tahap, sejak awal pecahnya konflik pada awal Oktober 2023 hingga saat ini.

Qohari menjelaskan bantuan yang didistribusikan oleh NU Care-LAZISNU itu merupakan hasil kerja sama pihaknya dengan Kemenag RI, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN, dan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT).

Baca juga: NU Care-LAZISNU kirim bantuan ke Palestina dalam momentum Ramadhan

Sementara itu perwakilan Tim Distribusi dari AWC, Hani al-Shaer, dalam laporannya menyampaikan bahwa saat ini penyaluran bantuan kemanusiaan dilakukan di wilayah Gaza dan akan menyasar daerah Tepi Barat.

"Saat ini kami sedang menyalurkan bantuan kepada keluarga terdampak di Gaza, dengan pertolongan Allah dan Nabi Muhammad, dan juga bantuan dari Nahdlatul Ulama," kata Hani.

Dirinya pun menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap keberkahan serta kemuliaan bagi masyarakat Indonesia yang telah menyalurkan bantuan bagi rakyat Palestina

"Kami berharap semoga Allah selalu memberkati kalian, semoga keluarga dan harta kalian selalu di berkati dengan kesalehan anda saat ini, yang telah membantu kami dalam kondisi sulit. Semoga Allah selalu memberikan keberkahan dan memuliakan Nahdlatul Ulama. Terima kasih," ujarnya.

Baca juga: NU Care-LazisNU serahkan lima ambulans untuk warga Gaza

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024