Jakarta (ANTARA) - Jajaran prajurit TNI Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Laut Australia (RAN) merampungkan Latihan Bersama Cassowary Exercise (Latma Cassoex) 2024 di perairan perbatasan RI-Australia di Samudera Hindia.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada (Koarmada) III Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat saat dihubungi di Jakarta, Senin, menjelaskan latihan yang diikuti oleh KRI Dorang-874 dari Koarmada III TNI AL dan HMAS Broome 90 dari RAN itu ditutup dengan sesi saling tukar cinderamata di atas geladak kapal perang Australia, Minggu (28/7).

Baca juga: Kapal perang Armada III TNI AL ikuti Latma Cassoex di Australia

Dalam acara penutupan itu, kata Doni, kapal perang dari dua negara itu menyelesaikan sesi terakhir latihan fase laut (sea phase), yaitu transfer barang antarkapal di tengah laut (RAS).

“Adapun sebelum penutupan, beberapa sesi latihan telah dilaksanakan di antaranya living harbour, manuver taktis, boarding exercise, RAS approach, peran penanggulangan kebakaran (PEK), dan prosedur penggeledahan kapal di tengah laut (VBSS),” kata Kadispen Koarmada III.

Dia mengatakan latihan VBSS bertujuan meningkatkan kemampuan prajurit TNI AL dan Angkatan Laut Australia dalam menyergap, mencari, menggeledah, dan membebaskan tawanan yang disandera kelompok perompak.

Dalam Latma Cassoex 2024, Komandan KRI Dorang-874 Mayor Laut (P) Hermes R. Simanjuntak, yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latma Cassoex 2024 menjelaskan secara umum latihan bersama itu bertujuan meningkatkan interoperabilitas antara TNI AL dan Angkatan Laut Australia.

Dia menambahkan latihan itu juga dapat meningkatkan kemampuan, wawasan, dan pengalaman prajurit TNI Angkatan Laut.

Di penghujung latihan, TNI AL dan Angkatan Laut Australia sepakat melanjutkan latihan bersama itu ke depannya.

Latma Cassoex, yang berlangsung pada 25–28 Juli 2024 merupakan latihan rutin yang digelar tiap tahun oleh TNI AL dan Angkatan Laut Australia di perairan perbatasan dua negara.

TNI AL pada Cassoex 2023 mengerahkan dua kapal perang dari Komando Armada III, yaitu KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875 ke perairan perbatasan RI-Australia. Dalam latihan itu, fokus dari TNI AL dan Angkatan Laut Australia memperkuat kemampuan menjaga keamanan maritim di perairan perbatasan.

Indonesia dan Australia berbagi perbatasan laut di sepanjang perairan Australia-Indonesia-Papua Nugini di bagian selatan Papua, kemudian di daerah Celah Timor, dan di Samudera Hindia.

Baca juga: TNI AL dan Australia survei bersama perairan ZEE Indonesia selatan
Baca juga: TNI AL kerahkan sejumlah KRI jaga perbatasan Indonesia dan Australia
Baca juga: TNI AL dan Tentara Australia latihan serbuan amfibi di Dabo Singkep

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024