Dengan mengintegrasikan AI (artificial intelligence) ke dalam proses pengembangan, kita dapat lebih fokus pada tugas-tugas strategis, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk aktivitas rutin, dan pada akhirnya menghasilkan produk berkualitas lebih ting
Jakarta (ANTARA) - Devoteam G Cloud Indonesia menyebutkan produk teknologi Vertex AI dari Google Cloud diyakini dapat meningkatkan produktivitas bisnis, memperlancar alur kerja, dan mempercepat inovasi.

"Dengan mengintegrasikan AI (artificial intelligencekata) ke dalam proses pengembangan, kita dapat lebih fokus pada tugas-tugas strategis, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk aktivitas rutin, dan pada akhirnya menghasilkan produk berkualitas lebih tinggi dengan lebih cepat," kata Account Manager Devoteam G Cloud Indonesia Septiandy Lim dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Vertex AI adalah alat yang digunakan untuk membangun dan menggunakan berbagai sistem Generative AI.

Produk tersebut mencakup lebih dari 100 model dasar beserta solusi pencarian dan percakapan serta solusi AI lainnya.

"Dalam ekosistem Google Cloud, peran Vertex AI menawarkan solusi yang skalabel dan efisien untuk pengembangan dan penerapan model ML (machine learning)," katanya saat Google I/O Extended Cloud Surabaya 2024.

Pada ajang itu, Septi memperkenalkan produk terbaru dari Devoteam yakni Versa AI, yang merupakan alat asisten pencarian yang dibangun dari teknologi Vertex AI.

Versa AI dipercaya dapat memudahkan pengambilan dan eksplorasi data, memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan dalam bahasa alami, dan menemukan informasi relevan dari berbagai sumber dengan mudah.

"Selain itu, Versa AI juga dapat mengubah data Anda menjadi visualisasi yang jelas dan menarik, hanya dengan menggunakan perintah," ujarnya dalam forum tersebut.

Septi menambahkan Versa AI dilengkapi dengan Smart Analytics, yang mampu menganalisis data internal atau konten repositori dengan visual pendukung seperti grafik, diagram, dan sebagainya.

Selain itu, perangkat tersebut juga diperkuat dengan Smart Search, yang bisa terlibat dalam percakapan dan eksplorasi informasi dengan memanfaatkan penelusuran data Gemini AI.

Menurut dia, Versa AI adalah sebuah teknologi Vertex AI yang memperkaya penambangan data dan mendapatkan wawasan melalui percakapan yang mirip manusia.

"Versa AI sangat dibutuhkan oleh beragam industri untuk meningkatkan percepatan bisnis. Sejak berdiri, Devoteam G Cloud Indonesia telah terhubung dan berkolaborasi dengan ratusan perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi Vertex AI di Google Cloud, perusahaan dapat mempercepat inovasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar," kata
Septi.

Baca juga: Devoteam: Generative AI mampu mengelevasi kinerja berbagai industri
Baca juga: Teknologi Gen AI dinilai berperan penting bagi industri jasa keuangan

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024