Surabaya (ANTARA) - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menurunkan kekuatan terbaik pada sebelas pertamanya melawan melawan Thailand U-19 di final Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin pukul 19.30 WIB.

Indra melakukan dua perubahan dari laga terakhir ketika Indonesia menang 1-0 melalui gol Muhammad Alfharezzi Buffon melawan Malaysia U-19 pada laga semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (27/7).

Perubahan yang dilakukan Indra adalah dengan memasukkan Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan untuk menggantikan dua starting sebelumnya Figo Dennis dan Arkhan Kaka.

Dari posisi penjaga gawang, pelatih asal Batang Kapas, Sumatera Barat itu tetap mempercayakan Ikram Algiffari yang baru kebobolan dua gol dari empat laga.

Tiga bek tengah terbaik Kadek Arel, Iqbal Gwijangge, dan Alfharezzi Buffon yang sempat menderita cedera kepala masih akan mengawal barisan pertahanan.

Di posisi kiri dan kanan, Muhammad Mufli Hidayat dan Dony Tri Pamungkas tetap dipasang Indra untuk memberikan ancaman bagi Thailand melalui sisi samping.

Di posisi tengah, Welber Jardim dan Muhammad Kafiatur menjadi penyeimbang permainan, baik dari menyerang dan bertahan.

Baca juga: Timnas Indonesia ingin juara Piala AFF U-19 2024, ini saran Ponaryo

Dengan formasi 3-4-3, Jens Raven akan menjadi striker tunggal yang akan ditemani Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan di posisi penyerang sayap.

Sementara itu, Pelatih Thailand U-19 Emerson Pereira Da Silva juga menurunkan skuad terbaiknya untuk membawa gelar keenam atau yang terbanyak di Piala AFF U-19.

Pemain-pemain kunci mereka seperti Kittipong Bunmak di posisi kiper, hingga Caelan Tanadon Ryan, Piyawat Petra, dan Phongsakon Sangkasopha di sektor serang akan memulai laga dari menit awal pada laga ini.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia U-19: Ikram Algiffari, Kadek Arel, Muhammad Alfharezzi Buffon, Iqbal Gwijangge, Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven, Muhammad Kafiatur, Welber Jardim, Dony Tri Pamungkas (C), Muhammad Mufli Hidayat
Pelatih: Indra Sjafri

Thailand U-19: Kittipong Bunmak (C), Pikanet Laohawiwat, Jhetsaphat Khuantanom, Singha Marasa, Thanawut Phocai, Caelan Tanadon Ryan, Thanakrit Chotmuangpak, Siradanai Phosri, Piyawat Petra, Pakawat Taengoakson, Phongsakon Sangkasopha
Pelatih: Emerson Pereira Da Silva

Baca juga: Pratinjau Indonesia U-19 vs Thailand U-19: Coba lanjutkan tren positif
Baca juga: Indra Sjafri dan memori indah Piala AFF U-19 di Jawa Timur

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024