Jakarta (ANTARA) - Menggelar pesta atau resepsi pernikahan di rumah kerap menjadi pilihan bagi banyak pasangan calon pengantin. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengalokasikan biaya setelah pernikahan.

Estimasi biaya pernikahan di rumah dapat bervariasi, mahal atau tidaknya biaya pernikahan sangat bergantung pada konsep dan jumlah tamu undangan. Berikut perkiraan kasar untuk biaya pernikahan di rumah:

1. Biaya penghulu

Untuk menggelar akad di KUA (Kantor Urusan Agama) tidak ada biaya yang dikenakan, namun jika memilih mengadakan akad di rumah, akan ada biaya administrasi sebesar Rp600.000 untuk mendapatkan penghulu.

2. Cincin nikah
 

Cincin melambangkan komitmen pasangan dalam menjalani kehidupan pernikahan. Cincin perak dengan desain sederhana berkisar Rp800.000 hingga Rp2.000.000.

3. Mahar dan seserahan

Mas kawin (mahar) merupakan harta yang diberikan calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Mahar biasanya ditetapkan dari pihak mempelai perempuan sesuai dengan kemampuan mempelai pria.

Namun, hanya mahar yang bersifat wajib, sementara seserahan tidak. Untuk keduanya, bisa alokasikan dana sebesar Rp3.000.000, bisa mendapatkan mahar dan seserahan berupa seperangkat alat ibadah sederhana, perlengkapan rias dan perawatan kulit wanita, serta aksesori seperti tas, jam tangan, jilbab, dan sepasang handuk.

4. Dekorasi
 

Biaya dekorasi mencakup pembelian bunga dekorasi, aksesoris, serta staf yang akan membantu menghias ruangan. Biasanya, biaya dekorasi ruangan dimulai dari Rp5.000.000.

5. Katering
 

Biaya katering ini bisa bervariasi tergantung pada jenis makanan, jumlah porsi yang disajikan, dan jenis layanan yang dipilih. Pertimbangkan juga biaya peralatannya yang terdiri dari piring, sendok, garpu, dan gelas. Biaya katering pernikahan biasanya Rp25.000 per porsi atau pax.

Jangan lupa untuk melebihkan porsi hidangan dari jumlah tamu yang diundang. Hidangan yang disediakan bisa meliputi nasi putih, sop, olahan daging, sayuran seperti asinan, bihun goreng, kerupuk udang, aneka puding, aneka buah potong, air mineral.

6. Undangan dan cinderamata

Biasanya untuk cetak kartu undangan dengan kertas brief card tik jenis kertas softcover biaya cetaknya mulai dari Rp799 perak per lembar. Sementara, biaya cinderamata tergantung pada item yang dipilih dan jumlahnya, biasanya mulai dari Rp800 per item.

7. Perias dan busana pengantin

Pengantin perlu membutuhkan busana serta riasan yang memukau. Sebab, pernikahan merupakan momen yang terjadi sekali seumur hidup. Agar calon pengantin hemat, bisa pilih paket makeup & busana dari vendor yang sama, harganya berkisar mulai dari Rp5.000.000.

8. Dokumentasi

Calon pengantin perlu mempersiapkan dana untuk mengabadikan momen berharga pernikahan dengan menyewa fotografi dan videografi. Biaya fotografi mulai dari Rp1.000.000 dan untuk biaya videografer mulai dari Rp2.000.000, keduanya tergantung pada lokasi, durasi, kualitas dan jumlah video yang direkam. Namun, ada juga vendor yang menyediakan jasa fotografi dan videografi dalam satu paket.

9. Pembawa acara dan hiburan
 

Meskipun di gelar di rumah pesta pernikahan juga bisa menyewa pembawa acara dan hiburan untuk meramaikan suasana. Biasanya, hiburan diisi oleh organ tunggal, biayanya mulai dari Rp2.000.000, biasanya organ tunggal juga menyediakan paketan bersama mc atau pembawa acara.

10. Biaya lainnya

Calon pengantin juga perlu mempersiapkan dana sekitar Rp5.000.000 untuk kebutuhan tidak terduga, bisa untuk membayar tenaga untuk kebersihan, serta tetangga yang membantu selama pernikahan.

Baca juga: Cara hitung perkiraan biaya katering untuk resepsi pernikahan

Baca juga: Berapa biaya untuk menggelar pernikahan di gedung?

Baca juga: Biaya pernikahan sederhana

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024