Jakarta (ANTARA) - Biaya katering menjadi komponen inti dalam acara resepsi pernikahan. Sebelum menggelar resepsi pernikahan, calon pasangan pengantin perlu untuk mengetahui biaya katering pernikahan sesuai dengan jumlah undangan.

Hal ini lantaran katering merupakan salah satu komponen esensial yang harus diperhitungkan secara matang dalam biaya perayaan pernikahan karena butuh biaya besar. Harga katering pernikahan biasanya dipengaruhi beberapa faktor, seperti vendor, jumlah tamu undangan, dan menu yang akan dipilih.

Dengan begitu, calon pasangan pengantin bisa menyesuaikan anggaran biaya yang dimiliki dengan perkiraan pengeluaran. Misalnya, contoh biaya katering pernikahan untuk 300 undangan, untuk mengantisipasi tamu undangan yang datang, maka jumlah pesanan katering dikali dua.

Jadi, total biaya katering untuk 300 undangan/600 orang. Nah, begitupun jika mengundang 150 tamu, calon pasangan pengantin perlu menyiapkan 300 porsi makanan utama untuk acara pernikahan.

Perlu diperhatikan, jumlah harga yang harus disiapkan tergantung pada harga per porsi hidangan yang dipesan. Sebab, penyedia jasa katering memiliki menu paket dengan harga yang berbeda-beda. Biasanya, harga paket katering mulai dari Rp25.000 per porsi.

Jika calon pengantin memilih menu hidangan katering dengan harga Rp25.000 per porsi dan mengundang 300 tamu undangan, maka perkiraan anggaran biaya yang harus dipersiapkan bisa dihitung dengan 300 undangan x 2 x Rp25.000 = Rp15.000.000 anggaran biaya yang dikeluarkan.

Namun perhitungan tersebut, baru perhitungan kasar sehingga masih harus melakukan perhitungan lainnya. Keuntungan menggunakan katering sudah dapat fasilitas alat, tenaga waiters atau pelayan dan ongkos kirim.

Berikut contoh menu katering dilansir dari berbagai sumber:

Paket menu dengan harga Rp25.000 per porsi
1. Nasi putih
2. Aneka soup, seperti soup ayam jagung, soup ayam sosis
3. Aneka olahan daging, seperti daging krengseng, teriyaki, rolade
4. Sayuran, seperti asinan
5. Mie goreng
6. Bihun goreng
7. Krupuk udang
8. Aneka puding
9. Aneka buah potong
10. Air mineral

Menu paket katering harga Rp34.500.000 untuk 500 tamu per pax atau 250 undangan
1. Dekorasi buffet
2. Dekorasi dessert
3. Waiters atau pelayan
4. Buffet utama 400 porsi + 50 porsi (VIP): dua pilihan menu nasi, mie goreng, aneka soup, ayam, ikan, salad, aneka puding, aneka soft drink, aneka buah, kerupuk udang, mini cake, air mineral
5. Pondokan 6 item, masing-masing 100 Porsi: 1 ekor kambing guling (kurang lebih 75 Porsi), aneka soto, aneka sate, aneka es, jajanan lainnya seperti siomay, dimsum, batagor, aneka bubur hingga aneka bakso


Baca juga: Berapa biaya untuk menggelar pernikahan di gedung?

Baca juga: Biaya pernikahan sederhana

Baca juga: Estimasi biaya cetak undangan pernikahan

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024