Kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya dengan harapan agar pelayanan publik lebih meningkat dan kesadaran wajib pajak menjadi lebih baik
Jayapura (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Papua berharap melalui forum konsultasi publik dapat meningkatkan partisipasi pajak di wilayah setempat serta peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik yang efektif dan efisien.
 
Kepala Kantor Wilayah DJP Papua, Papua Barat, dan Maluku Dudi Efendi Karnawidjaya di Jayapura, Senin, mengatakan, forum konsultasi ini sangat penting dilakukan di mana ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pelayanan publik.
 
"Kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya dengan harapan agar pelayanan publik lebih meningkat dan kesadaran wajib pajak menjadi lebih baik," katanya.
 
Menurut Dudi, dengan terus memperbaiki kelemahan dan mendapatkan masukan maka pihaknya yakin wajib pajak di Tanah Papua semakin meningkat.
 
"Untuk itu kegiatan seperti ini penting agar memperbaiki diri sehingga perlu masukkan-masukan melalui forum komunikasi publik,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan, sehingga pihaknya bisa mengetahui dan menjadi bahan evaluasi ke depan yang lebih baik.
 
“Melalui Forum Konsultasi Publik kami ingin dapat masukan dari seluruh stakeholder, sehingga apa yang bisa kami perbaiki dapat jadi perhatian,” katanya.
 
Dia menambahkan selain konsultasi, DJP juga memberikan apresiasi kepada stakeholder yang terus berkontribusi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jayapura yakni perwakilan media massa, perwakilan akademisi dari Universitas Cenderawasih, serta tokoh masyarakat.
 
“Harapan kami tentunya kesadaran atas kewajiban pajak meningkat yang mana ditentukan oleh kinerja DJP sendiri. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kinerja kami diadakan forum konsultasi publik,” ujarnya.

Baca juga: DJP Papua: Penerimaan pajak 2023 sebesar Rp13,642 triliun
Baca juga: Realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Papua Rp9,12 triliun

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024