Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melatih sebanyak 250 warga membuat kuliner internasional agar memiliki kemampuan untuk membuka usaha secara mandiri sehingga menciptakan lapangan kerja.
 
"Kami melatih Tenaga Kerja Mandiri (TKM) kuliner internasional sebanyak 250 peserta untuk tahun ini," kata Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Selatan Fidiyah Rokhim saat dihubungi di Jakarta, Senin.
 
Fidiyah mengatakan, saat ini sedang berlangsung pelatihan TKM ini dan merupakan angkatan kelima dari rangkaian pelatihan yang pertamanya diawali sejak 15 Juli 2024. Pelatihan angkatan kelima ini dilaksanakan 29 Juli hingga 2 Agustus 2024.
 
Setiap angkatan kegiatan berlangsung selama lima hari dengan peserta pelatihan berjumlah 50 orang.

Baca juga: Jakpus buka pelatihan tenaga kerja untuk songsong pusat perekonomian
 
Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi (P3T) Suku Dinas (Sudin) Nakertransgi Jakarta Selatan Erning Kumala Dewi berharap kegiatan ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi para peserta.
 
"Diharapkan pelatihan ini peserta bisa mengajak warga lain untuk menerapkan ilmunya, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran," ujar Erning.
 
Terlebih, adanya pemberian alat masak secara gratis tentunya bisa membuat para peserta bisa melatih kemampuannya secara mandiri di rumah masing-masing.

Baca juga: Kepulauan Seribu latih puluhan warga olah hasil perikanan
 
Salah satu peserta yang memiliki bisnis kue kering bernama Virna (35) mengaku terbantu dengan adanya pelatihan yang diadakan oleh Sudin Nakertransgi Jakarta Selatan (Jaksel).

"Saya mau ikutan pelatihan ini untuk mendapatkan bimbingan usaha pertama kalinya," kata Virna.
 
Dia mengatakan persyaratan untuk mengikuti pelatihan ini hanya mengisi formulir, membawa KTP dan mendatangi lokasi pelatihan yang telah ditentukan.
 
Angkatan kelima ini diikuti sebanyak 50 peserta dari 10 kecamatan di Jaksel. Kuliner internasional yang dipelajari dalam pelatihan meliputi dimsum, mentai, bento, kimbab, laksa hingga ayam katsu.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024