Jakarta (ANTARA) - Tema peringatan Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, tahun 2024 ini telah resmi diluncurkan oleh pemerintah, yaitu “Nusantara Baru Indonesia Maju"Tema itu dipilih untuk menggambarkan transisi kepindahan Ibu Kota Negara dan menjelang pergantian Presiden RI.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengumumkan hal itu di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, pada Senin (24/6/2024). Ada pula logo Hari kemerdekaan tahun ini merupakan hasil karya Inggrid Wenas.

Logo HUT RI 2024 dirancang berbentuk angka 79 berwarna merah, dengan tiga garis merah membentuk angka 7 dan tiga garis merah lainnya membentuk angka 9. Ujung angka 7 yang menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang mengandung Pancasila, melambangkan kekuatan negara.

Angka 7 yang menyerupai panah ke atas adalah simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor guna menggerakkan ekonomi.

Lengkungan-lengkungan yang terhubung dari berbagai arah melambangkan prinsip pembangunan berkelanjutan. Bentuk dahan dan daun dari angka 9 menggambarkan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, dan menghormati akar budaya serta identitas bangsa.

Kaki angka 7 dan 9 yang dibentuk dari elemen yang sama menyerupai dua tangan yang bersatu, melambangkan persatuan masyarakat Indonesia meskipun memiliki beragam pandangan.

Dua gelombang yang sejajar di atas dan di bawah melambangkan desentralisasi dan pemerataan pembangunan untuk mencapai kesetaraan. Elemen grafis terinspirasi dari aliran sungai yang merupakan sumber kehidupan, dengan cabang-cabang yang mengarah ke satu muara yang sama, mengisyaratkan persatuan dan kekuatan menuju Indonesia maju.

Bentuk keseluruhan yang menyerupai Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia, mencerminkan harapan bahwa Indonesia menjadi negara yang dinamis.

Elemen grafis yang terdiri dari empat garis melambangkan empat pilar dinamis, yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Elemen ini mengandung harapan bahwa Indonesia akan terus berkembang mengikuti zaman, sambil tetap berpegang pada nilai-nilai luhur bangsa.

Pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79, harapan besar bagi bangsa ini adalah tercapainya Indonesia yang lebih maju, menjunjung tinggi keadilan, dan kemakmuran yang merata bagi rakyat. Dengan semangat persatuan dan gotong royong.

Harapan juga ditujukan pada pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif untuk terus diwujudkan, ekonomi hijau yang bersinergi dengan alam dapat berkembang, serta kesetaraan dan kesejahteraan merata di seluruh penjuru negeri. Semoga Indonesia mampu menghadapi tantangan global dengan inovasi dan keteguhan, sambil tetap berpegang pada nilai-nilai luhur Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.


Baca juga: Sejarah perayaan 17 Agustus dan makna di dalamnya

Baca juga: Susunan upacara 17 Agustus menurut pedoman Kemendikbud

Baca juga: 10 ide kreatif lomba unik 17 Agustusan

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024