Jakarta (ANTARA) - Biaya pernikahan selalu menjadi pertimbangan penting bagi pasangan calon keluarga, karena memang banyak komponen di dalamnya, mulai dari saat proses lamaran, akad nikah, hingga resepsi pernikahan, bahkan bulan madu.

Namun jangan terlalu khawatir dulu, karena pernikahan juga bisa digelar secara sederhana. Asalkan, Anda tidak mementingkan gengsi dan kemewahan tapi justru lebih memikirkan soal kebutuhan setelah menikah.

Berikut rincian biaya untuk pernikahan sederhana:

1. Biaya KUA

Untuk acara akad pernikahan, bisa memilih untuk melaksanakannya di KUA atau di rumah. Untuk menggelar akad di KUA tidak ada biaya yang dikenakan, namun jika memilih mengadakan akad di rumah, akan ada biaya administrasi sebesar Rp600.000.

2. Cincin nikah dan mahar

Cincin melambangkan komitmen pasangan dalam menjalani kehidupan pernikahan. Cincin perak dengan desain sederhana berkisar Rp800.000 hingga Rp2.000.000. Mas kawin (mahar) merupakan harta yang diberikan calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita.

Mahar biasanya ditetapkan dari pihak mempelai perempuan sesuai dengan kemampuan mempelai pria, seperti seperangkat alat shalat, uang, emas, dan sebagainya. Estimasi biaya untuk cincin dan mahar perlu mempersiapkan minimal Rp3.000.000.

Baca juga: 330 pasangan di Surabaya ikuti kirab isbat nikah massal

3. Biaya tempat dan dekorasi

Pernikahan sederhana bisa diadakan di rumah atau menyewa lapangan atau balai desa untuk menggelar pernikahan, biasanya harganya sekitar Rp2.000.000 dan dekorasi pernikahan dengan harga Rp1.500.000.

4. Katering

Calon pasangan pengantin bisa menyesuaikan anggaran biaya yang dimiliki dengan perkiraan pengeluaran dengan memilih paket menu katering yang sederhana. Perkiraan anggaran yang harus disiapkan bisa sekitar Rp8.000.000 atau bisa memasak hidangan sendiri.

5. Rias dan baju pengantin

Calon pengantin bisa menggunakan jasa rias yang juga menyewakan baju pengantin. Biasanya, hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp3.000.000.

Baca juga: Kepala BKKBN sarankan pasangan yang akan nikah hemat biaya prewedding

6. Undangan dan souvenir
​​​​​​​

Pilihlah undangan dan souvenir atau cinderamata pernikahan dengan harga Rp700 perak - Rp1.000 per undangan dan cinderamata. Untuk keduanya, bisa diestimasikan dengan biaya sekitar Rp800.000

7. Dokumentasi
 

Mahal atau tidaknya biaya dokumentasi pernikahan sangat bergantung pada jenis jasa yang dipilih. Namun, biayanya biasanya sekitar Rp2.000.000 untuk fotografi.

8. Pembawa acara atau MC

Calon pasangan pengantin bisa memilih mc atau pembawa acara pernikahan dengan biaya sekitar Rp1.000.000.

Baca juga: Justin Bieber dan Hailey Baldwin rencanakan pernikahan sederhana

Baca juga: Pernikahan sederhana jadi tren di Korea Selatan

Baca juga: Estimasi biaya cetak undangan pernikahan

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024