Kunjungan kami ke Aceh khususnya ke Sekolah Dasar di Aceh Besar merupakan bagian silaturrahmi sekaligus untuk melihat langsung beragam metode pendidikan agama yang dilaksanakan di sekolah di sini
Banda Aceh (ANTARA) - Rombongan pendidikan yang terdiri atas kepala sekolah dan dewan guru asal Patani Thailand berkunjung ke sekolah di Kabupaten Aceh Besar untuk mempelajari sistem pendidikan terpadu (SPT) yang berlangsung di daerah setempat.

“Kunjungan kami ke Aceh khususnya ke Sekolah Dasar di Aceh Besar merupakan bagian silaturrahmi sekaligus untuk melihat langsung beragam metode pendidikan agama yang dilaksanakan di sekolah di sini yang nantinya akan diadopsi di tempat kami,” kata Perwakilan rombongan Pendidikan Patani, Thailand, Rusdi di Lampeunerut, Senin.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela kunjungan langsung ke SD Negeri Lampeunerut Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar. Dalam kegiatan tersebut para rombongan turut di sambut Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan setempat Bahrul Jamil.

Ia menjelaskan beragam bahan dan juga proses pendidikan yang mereka lihat langsung di lapangan akan menjadi sebuah bahan kajian yang nantinya dapat disesuaikan dan diterapkan dalam pendidikan di sekolah-sekolah di Patani.

Baca juga: Bunda PAUD Aceh Besar optimalkan sosialisasi implementasi PAUD HI

“Kami sangat mengapresiasi terhadap proses belajar mengajar yang berlangsung dan termasuk penyambutan yang diberikan kepada rombongan kami, tentu beragam metode pembelajaran khususnya sistem pendidikan terpadu yang dijalankan dan didukung dengan regulasi daerah tersebut menjadi ilmu bermanfaat untuk kami terapkan di kampung halaman nantinya,” kata Rusdi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar Bahrul Jamil mengatakan kehadiran rombongan pendidikan asal Patani Thailand tersebut dalam rangka silaturrahmi dan mempelajari sistem pendidikan terpadu yang diterapkan di kabupaten setempat.

“Kami menyambut baik terhadap kunjungan rombongan pendidikan dari Thailand ini dan tentu mereka dapat melihat langsung proses dan metode pembelajaran yang kita terapkan di satuan pendidikan tingkat dasar (SD) yang telah menerapkan sistem pendidikan terpadu," katanya.

Ia menjelaskan sistem pendidikan terpadu (SPT) adalah bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk melahirkan generasi muda berkarakter, akhlak, serta budi pekerti yang mulia. Di mana dalam pendidikan tersebut diajarkan di antaranya tentang akhlak, aqidah, fiqih, hadis dan hafal Al Quran.

Ia menambahkan penerapan pendidikan SPT tersebut tidak mencakup seluruh sekolah yang ada di Aceh Besar, namun sebagian sekolah yang tersebar dalam seluruh wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga: Wali Nanggroe kumpulkan rektor untuk kirim pelajar Aceh keluar negeri
Baca juga: Dua santriwati Aceh lulus seleksi pertukaran pelajar Internasional


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024