Menurut BMKG, hal itu bisa terjadi imbas musim kering tahun ini lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh mencatat angka kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di Aceh mencapai 3,09 ribu hektare sejak Januari hingga 26 Juli 2024, meningkatkan dari tahun sebelumnya sekitar 1,93 ribu hektare.

"Untuk tahun ini sudah 3,09 ribu hektare, karena cuacanya lebih kering, jadi lebih luas," kata Plh Kepala DLHK Aceh  Muhammad Daud di Banda Aceh, Senin.

Daud mengatakan berdasarkan informasi yang diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Aceh memang masuk ke dalam daerah yang berpotensi tinggi karhutla pada Juni-Agustus tahun ini.

"Menurut BMKG, hal itu bisa terjadi imbas musim kering tahun ini lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya," kata Daud.

Baca juga: BMKG: Waspadai suhu panas maksimum 36 derajat Celcius di Aceh-NTB

Adapun sejumlah wilayah yang luas terjadi karhutla tahun ini antara lain Aceh Besar 256 hektare, Aceh Selatan 569 hektare, Aceh Tengah 531 hektare, dan Aceh Tengah 597 hektare. Data ini, kata dia, akumulasi di Sipongi Januari hingga 26 Juli 2024.

Daud menuturkan kejadian karhutla yang masih terus ditangani adalah wilayah Aceh Tengah dan Aceh Barat. Untuk wilayah Aceh Barat tepatnya berada di Kecamatan Meureubo, Bubon, dan Johan Pahlawan.

"Di sana, Aceh Barat masih jadi fokus penanganan untuk pemadaman karena kebakaran di lahan gambut, sulit padam dibandingkan kebakaran di lahan mineral," katanya.

Karena itu, lanjut dia, DLHK bersama Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) terus melakukan upaya pencegahan meliputi kegiatan sosialisasi melalui pemasangan spanduk imbauan dan melakukan pemantauan rutin di tiap lokasi rawan karhutla.

Baca juga: Walhi sebut gambut dua daerah di Aceh rentan terbakar

"Kami mengupayakan pencegahan, karena kalau sudah terbakar penanganannya sampai berhari-hari," ujarnya.

Tak hanya itu, Pemerintah Aceh melalui DLHK bekerja sama dengan Sustainable Use of Peatland and Haze Mitigation in ASEAN (SUPA) Project sudah berhasil membentuk 10 Desa Masyarakat Peduli Gambut (DPMG) di Aceh.

Sejak pembentukan DMPG tersebut, tingkat karhutla di lahan gambut menurun karena lahannya sudah dikelola menjadi pertanian dengan catatan muka air gambut tetap dipertahankan.

"Alhamdulillah semenjak ada DPMG, karhutla di lahan gambut turun karena lahan-lahannya sudah dikelola. Kebiasaan kebakaran di tanah gambut terjadi pada lahan yang terbengkalai," kata Muhammad Daud.

Baca juga: Apel Green: Kerusakan hutan gambut di Rawa Tripa Aceh capai 608,81 Ha


 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024