Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mengajak para pelari untuk melakukan olahraga jogging di destinasi wisata Parapuar Labuan Bajo yang menawarkan variasi jalur jogging yang tidak hanya berada di tempat yang rata tapi juga menawarkan jalur lari di area perbukitan.
 
"Walaupun lokasi ini sedikit menantang, area ini beberapa kali menjadi lokasi jogging saat Jumat Sehat para pegawai BPOLBF dan juga pernah dijadikan jalur jogging oleh Menparekraf bersama tim sehingga lokasi ini sangat mungkin untuk dijadikan jalur jogging," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Senin.
 
Ia menambahkan saat ini sudah terdapat jalan eksisting sepanjang 1,5 km di Parapuar Labuan Bajo yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi jalur jogging, baik untuk wisatawan maupun masyarakat.

Ke depan, lanjut dia beberapa titik lokasi di destinasi Parapuar Labuan Bajo juga akan didesain untuk menjadi area joging bagi para pengunjung. Jalanan yang menanjak tentu menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para pelari.
 
"Salah satu potensi yang ada di Parapuar adalah lokasi ini dapat dijadikan sebagai jalur jogging bagi para runners yang ada di Labuan Bajo dengan titik start dan finish di jalan masuk Parapuar yaitu sekitar 300 meter dari SPBU Wardun Labuan Bajo dan dua rest area di Taman Parapuar atau di Natas Parapuar," katanya.
 
Ia menambahkan BPOLBF memiliki beberapa program di internal kantor, salah satunya adalah Jumat Sehat dimana pada setiap hari Jumat pagi, seluruh pegawai melakukan aktivitas olahraga dari pukul 06.00 Wita-08.00 Wita seperti senam, yoga, meditasi, zumba, dan juga jogging di kawasan Parapuar.
 
Selain itu, beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno juga melakukan jogging dengan titik start Hotel Meruorah ke Parapuar dan kembali ke Hotel Meruorah.
 
Lebih lanjut, Frans juga menyampaikan terkait dengan jam buka dan tutup lokasi kawasan, maka untuk yang berminat melakukan Joging pada jam-jam tertentu seperti subuh atau pagi hari dapat menyampaikan permohonan izin terlebih dahulu kepada pihak BPOLBF dengan mengunjungi Kantor BPOLBF yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Nomor 88, Labuan Bajo dan bertemu dengan pihak yang berwenang seperti kepala divisi atau direktur atau menyampaikan surat permohonan izin melalui Call Center BPOLBF di nomor (+62) 81-138-794-555.
 
Beberapa pilihan jalur jogging ini juga dapat dilanjutkan dengan jalur trekking yang pernah dijelajahi tim BPOLBF seperti pertama Short Track dengan jarak tempuh sekitar satu jam, jogging dimulai dari pintu masuk kawasan menuju Natas Parapuar dan kembali ke pintu masuk kawasan.
 
Jalur kedua, Medium Track dengan jarak tempuh sekitar dua jam, jogging dimulai dari pintu masuk kawasan menuju Natas Parapuar hingga mencapai salah satu gua tersembunyi yang berada dalam kawasan dengan jarak 129 meter dari Natas Parapuar dan kembali ke pintu masuk kawasan.
 
Jalur ketiga, Long Track dengan jarak tempuh sekitar tiga jam, jogging dimulai dari pintu masuk kawasan menuju Natas Parapuar menyusuri area trekking yang berjarak 700 meter dari Natas Parapuar ke arah salah satu mata air di dalam kawasan dan kembali ke pintu masuk kawasan.

Baca juga: BPOLBF nilai penutupan berkala kawasan TNK hal umum dilakukan
Baca juga: BPOLBF ajak warga ikut lomba foto dan video Parapuar jelang HUT RI
Baca juga: Parapuar Labuan Bajo berpotensi jadi lokasi aktivitas "Stargazing"

 

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024