Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menggandeng Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk menghadirkan ekspo meningkatkan pertumbuhan industri olahraga Indonesia.

"KONI Pusat ini ingin menyelenggarakan acara tahunan yaitu ekspo peralatan dan pakaian olahraga, di mana dengan dukungan Kementerian Perindustrian ini akan bisa jadi ekspo besar setiap tahun," kata Ketua Umum KONI Marciano Norman di Jakarta pada Senin.

Ia mengutarakan KONI berupa memajukan industri olahraga lokal di Indonesia, membina UMKM peralatan memakai pakaian olahraga lokal, dan membuat pameran besar guna mempromosikan produk lokal.

Oleh sebab itu, KONI merancang kegiatan besar berupa ekspo yang menjadi momentum menghidupkan sektor-sektor usaha yang bergerak dalam industri olahraga.

Marciano telah bertemu dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk membahas ekspo ini.

Baca juga: KONI Pusat gelar kejuaraan multi event KONI - Bayan Championship 2024

Dia mengapresiasi dukungan Agus dalam memajukan olahraga di tanah air.

Agus Gumiwang sendiri siap mendukung pembangunan olahraga prestasi Indonesia, termasuk acara ekspo ini.

Ia menyarankan KONI mengajak kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar untuk bersinergi menyelenggarakan kegiatan olahraga berskala nasional.

"Mitra strategis itu bisa lebih dari satu dan kita dukung seperti untuk penyelenggaraan Indonesia Martial Art Games (IMAG) dan terobosan untuk mengadakan multievent lainnya," pungkasnya.

Baca juga: KONI-Bayan Championship jadi ajang lahirkan atlet muda berprestasi
 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024