Jakarta (ANTARA) - Undangan pernikahan merupakan satu komponen penting dalam mempersiapkan pernikahan. Hal itu karena terkait dengan siapa-siapa saja yang ingin Anda undang untuk menyaksikan pernikahan dan ikut merayakan pernikahan.

Sebuah undangan pernikahan umumnya berisi informasi penting seperti tanggal, waktu acara, serta lokasi tempat pernikahan akan dilaksanakan. Untuk itu, calon pasangan pengantin perlu mengetahui estimasi biaya cetak undangan pernikahan.

Dengan mengetahui biaya cetak undangan pernikahan pasangan calon pengantin bisa mempersiapkan anggaran dengan baik. Lantas, berapa estimasi biaya cetak undangan pernikahan?

Biaya cetak undangan pernikahan bervariasi, harganya mulai dari Rp650 perak per lembar. Harga undangan bergantung kepada jenis kertas, desain, dan tempat pencetakannya, berikut di antaranya:

1. Kartu undangan lipat dua kertas brief card softcover
Kartu undangan dengan model lipat dua menggunakan kertas brief card tik jenis kertas softcover biaya cetaknya mulai dari Rp650 dengan minimal pemesanan 200 lembar. Ketebalan kertas 150 gsm (gram per meter persegi),  ukuran ketika undangan terbuka ialah 26x18 centimeter dan ukuran tertutup 13x18 centimeter.

2. Kartu undangan model semi amplop kertas brief card softcover
Kartu undangan dengan model semi amplop menggunakan kertas brief card tik jenis kertas softcover dengan biaya cetaknya mulai dari Rp799 dengan minimal pemesanan 200 lembar. Ketebalan kertas undangan tersebut 150gsm, sementara ukuran undangan terbuka 28,5x20 centimeter dan ukuran tertutup 11,5x20 centimeter.

3. Kartu undangan kertas artpaper glossy
Kartu undangan kertas artpaper biaya cetaknya mulai dari Rp750 dengan minimal order 300 lembar. Ketebalan kertas 190gsm untuk kertas glossy dan doff, dengan ukuran tertutup tertutup 12,5x16 centimeter.

4. Kartu undangan kertas jasmine hardcover
Kartu undangan kertas jasmine jenis kertas hardcover terdiri dari amplop dan bagian isi dengan biaya cetak mulai dari Rp3.800 dengan minimal pemesanan 300 lembar. Ketebalan kertas jasmine ialah 220gsm dengan ukuran 13,2x18,5 centimeter pada bagian amplop dan 12,6x17,7 centimeter pada bagian isi.

Baca juga: Waktu ideal persiapkan undangan pernikahan

Baca juga: Bisnis percetakan manual di Senen tertekan mesin digital

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024