Masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang
Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara masih berpeluang cuaca ekstrem pekan ini.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 4 Agustus 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Senin.
 
Dia mengatakan terpantau adanya daerah bertekanan rendah di perairan Utara Filipina yang dapat mengakibatkan massa udara di wilayah Sulawesi Utara bergerak menuju wilayah daerah tekanan rendah tersebut.
 
Kondisi tersebut menyebabkan adanya belokan angin di beberapa wilayah yang berpotensi mengakibatkan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah di Sulawesi Utara.
 
"Masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," ajaknya.
 
Ben menjelaskan beberapa hari di pekan ini seluruh wilayah Sulut diperkirakan tidak mengalami cuaca ekstrem di tanggal 29-30 Juli 2024.
 
Kondisi cuaca serupa juga diperkirakan terjadi di tanggal 2-3 Agustus 2024.
 
Sementara di tanggal 31 Juli 2024, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Selanjutnya, di tanggal 1 Agustus 2024 berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Sementara di tanggal 4 Agustus 2024 diprediksi terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024