Jadi, kita akan lihat Balikpapan sebagai Labuan Bajo yang banyak kapal pinisinya
Penajam Paser Utara (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membidik kawasan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk dikembangkan sebagai objek destinasi wisata yang menyerupai Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

"Berkaitan dengan indahnya Teluk Balikpapan. Jadi, kita akan lihat Balikpapan sebagai Labuan Bajo yang banyak kapal pinisinya," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Istana Garuda IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin.

Menhub Budi mengatakan potensi pariwisata di Teluk Balikpapan rencananya akan digarap melalui skema pembelian layanan atau buy the service.

Ia mengatakan buy the service sama dengan investasi jangka menengah yang dikelola oleh swasta melalui skema pembayaran dari pemerintah.

"Kami akan buy the service sebagai stimulasi kami harapkan swasta bisa lakukan itu karena saya pikir Teluk yang indah harus kita kembangkan," katanya.

Pengembangan kerja sama tersebut, kata Budi, akan dikerjasamakan otoritas terkait pengelola pantai, baik dari unsur Kementerian PUPR maupun swasta.

Budi mengatakan, pantai di sekitar Teluk Balikpapan memiliki lahan konservasi orang hutan hingga buaya yang menarik bagi alternatif pariwisata di Indonesia.

"Kita tahu ada konservasi orang hutan ada penangkaran buaya, ini bagian dari suatu kegiatan pariwisata dan kami nanti akan koordinasi dengan pihak terkait," katanya.

Baca juga: Bapelitbang: Teluk Balikpapan perlu perhatian lebih mendukung IKN
Baca juga: Kemenhub siapkan dua skenario kedatangan tamu VVIP saat HUT Ke-79 RI
Baca juga: Menhub: Kereta ART mengaspal perdana di Sumbu Kebangsaan 5 Agustus

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024