Kami mendapatkan informasi Pak Jokowi tidak jadi hadir karena pada hari ini atau Senin mulai bertugas di IKN
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak jadi hadir pada pembukaan Healthy Cities Summit (HCS) ke-VI 2024 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat karena sedang berada di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kami mendapatkan informasi Pak Jokowi tidak jadi hadir karena pada hari ini atau Senin mulai bertugas di IKN. Meskipun demikian, kehormatan bagi kami ditunjuk menjadi tuan rumah HCS 2024," katanya di Sukabumi, Senin.

Menurut Marwan, selain Presiden Jokowi yang tidak bisa hadir, kemungkinan besar empat menteri kabinet yang awalnya dijadwalkan hadir ada pembukaan HCS yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

Baca juga: Sejumlah kepala daerah mulai berdatangan ke Sukabumi ikuti HCS

Kemudian, Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar tidak bisa hadir karena harus mendampingi orang nomor satu di Indonesia di IKN.

Namun demikian, untuk Menkes RI Budi Gunadi tidak menutup kemungkinan hadir pada Selasa (30/7) untuk memberikan pemaparan dan arahan tentang transformasi layanan kesehatan untuk mendorong akselerasi pembentukan Smart Health City.

"Kami terus berkomunikasi dengan pihak Kemenkes RI dan diharapkan Pak Budi Gunadi pada Selasa bisa hadir di Kabupaten Sukabumi untuk memberikan arahan kepada ratusan kepala daerah yang hadir dalam HCS ini," tambahnya.

Marwan mengatakan sebelumnya HCS diselenggarakan di kota-kota besar di Indonesia, namun untuk tahun ini dilakukan di Kabupaten Sukabumi yang notabene bukan merupakan kota besar, sehingga ini menjadi kebanggaan bagi kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini yang dipercaya menjadi tuan rumah HCS ke-VI.

Di sisi lain, ia menyebutkan momen dari kegiatan bertaraf nasional ini dimanfaatkan untuk mengenalkan atau mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi serta potensi sumber daya alam untuk mendatangkan wisatawan hingga insvestor.

Baca juga: DLH Sukabumi patroli pantau kesiapan objek wisata jelang HCS
Baca juga: Jelang HCS Pemkab Sukabumi terus benahi berbagai fasilitas wisata

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024