Makassar (ANTARA) -
Transaksi digital melalui Qris di ajang Festival Delapan (F8) Makassar 2024 yang digelar selama lima hari, sejak 24 - 28 Juli 2024 mencapai Rp4,08 miliar.
 
 
Jumlah transaksi itu berasal dari 133 gerai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menggunakan Qris dalam transaksi penjualan produk mereka pada kegiatan seni dan budaya Kota Makassar tersebut.
 
 
"Ini merupakan catatan transaksi terbanyak selama F8," kata Direktur Utama PT. Festival Delapan Sofyan Setiawan melalui keterangannya di Makassar, Senin.
 
 
Bersamaan dengan jumlah transaksi yang fantastis ini, pencapaian kegiatan yang berturut-turut lima tahun masuk 10 besar Top KEN ini juga memenuhi target pengunjung.

Jika pada tahun lalu 500 ribu pengunjung, tahun ini F8 mencatat sudah melebihi target dari tahun sebelumnya.
 
 
Sejak hari keempat 27 Juli, jumlah pengunjung sudah mencapai 502.178 orang. Ini berarti jumlah pengunjung bakal bertambah pada hari kelima.
 
 
Transaksi tiket yang kali ini juga menggunakan QRIS mencapai Rp1 miliar.

Super App Kallafriends oleh pihak Kalla mencatat penjualan lebih dari 15.000 tiket dalam perhelatan F8 Makassar yang dijual sejak lima hari terakhir, mulai 24 Juli 2024.

Baca juga: UMKM butik lokal Sulsel tunjukkan karya di segmen fashion F8 Makassar

 
Di samping itu, F8 kali ini menampik sekira 1.750 performa lokal sampai nasional, lalu memperkerjakan 500 tenaga volunter hingga profesional kegiatan.
 
 
Sebanyak 15 komunitas hewan dan 18 negara partisipan juga meramaikan kegiatan tahunan Makassar tersebut, di antaranya, Indonesia, Itali, Malaysia, Amerika Serikat, Singapura, Filipina, Jepang, Australia, Jerman, Hongkong, Brunei Darussalam, India, UEA, Polandia, Belanda, UK, Oman dan Perancis.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024