Balikpapan (ANTARA) -
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) membeli pernak pernik khas Kalimantan Timur (Kaltim) di Pasar Inpres Kebun Sayur (Bonsay) yang berlokasi di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Senin.
 
Lokasi pasar di Kota Balikpapan itu sekitar dua jam perjalanan darat dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Pantauan ANTARA, Ibu Negara Iriana Jokowi menuju Pasar Inpres Kebun Sayur Kota Balikpapan menggunakan mobil  berwarna putih.
 
Senada dengan mobil yang digunakan, Iriana Jokowi juga menggunakan baju berwarna putih jenis kebaya, serta hijab berwarna abu-abu.
 
Pantauan hanya bisa dilakukan dari jauh karena kawasan Pasar Bonsay Kota Balikpapan disterilkan dari pengunjung.
   
"Selamat datang, ibu presiden lagi belanja di tempat ibu Haji Purnama," celetukan seorang warga yang sedang menyiarkan langsung kedatangan Ibu Negara Iriana Jokowi di pasar itu melalui jejaring sosial dengan menggunakan gawai miliknya.
 
Di Pasar Bonsay Kota Balikpapan, Iriana Jokowi berbelanja di Blok D, yang menjual pernak pernik khas Kalimantan Timur.
 
Ibu Negara Iriana Jokowi nampak membeli anjat atau tas dari anyaman rotan dengan motif khas Kaltim, manik-manik dan kerajinan tangan khas Kaltim lainnya.
 
Kunjungan Isteri Presiden Jokowi tersebut memantik pedagang dan pengunjung di Pasar Bonsay Kota Balikpapan yang langsung mengabadikan momentum kedatangan Iriana Jokowi dengan menggunakan gawai masing-masing.
 
Ibu Negara Iriana Jokowi menuju Kota Balikpapan dari Istana Kepresidenan di Kota Nusantara, yang sebelumnya ikut mendampingi kepala negara meresmikan Jembatan Pulau Balang penghubung Kota Balikpapan menuju Kota Nusantara.
 
Pasar Bonsay Kota Balikpapan, tempat mencari suvenir atau oleh-oleh, terdapat toko khusus menjual lampit, tikar, kain dan sarung, serta perhiasan dari batu dan batu mulia yang didominasi khas Kalimantan.Ibu negara beli pernak pernik khas Kaltim.

Baca juga: Jokowi-Ibu Negara kunjungan kerja ke Bandung naik Whoosh

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024