Pelaksanaan kegiatan perdana ini mendapat respon positif dari keluarga besar Pondok Pesantren Darul Muslim Yala, Fatoni Thailand sebagai tempat utama kegiatan KKN
Mataram (ANTARA) - Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) puluhan mahasiswa Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dilaksanakan di Thailand sukses dilaksanakan.

"Pelaksanaan kegiatan perdana ini mendapat respon positif dari keluarga besar Pondok Pesantren Darul Muslim Yala, Fatoni Thailand sebagai tempat utama kegiatan KKN Internasional IAIH Pancor," kata Wakil Rektor IAIH Pancor Bidang Kemahasiswaan Dr Abdul Hayyi Akrom melalui keterangan tertulisnya di Mataram, Senin.

Kegiatan KKN internasional ini dilaksanakan pada bulan Juni dan berakhir pada Juli 2024 ini di wilayah Yala, Fatoni, Thailand. Keluarga besar pondok pesantren Darul Muslim menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas semua kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa selama berada di Thailand.

"Agenda pokok kegiatan KKN Internasional IAIH Pancor tahun ini adalah pendidikan Islam, lingkungan dan ke Indonesiaan ," katanya.

Ia mengatakan kegiatan KKN Internasional itu berkaitan dengan pendidikan Islam dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pengajaran materi-materi keislaman yang dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa kepada keluarga besar pondok pesantren Darul Muslim Yala di Thailand.

"Kemudian untuk kegiatan lingkungan dilaksanakan dalam bentuk penghijauan berupa kegiatan penanaman pohon dan edukasi penjagaan lingkungan kepada para santri," katanya.

Baca juga: IAIH NW Lombok Timur jalin kerjasama dengan Universitas Malaysia
Baca juga: Mahasiswa IAIH NW Lombok Timur magang di ANTARA Biro NTB


Untuk pengajaran bahasa Indonesia kepada santri pesantren Darul Muslim Fatoni adalah permintaan langsung pihak pondok agar para santri mengetahui berbagai hal tentang Indonesia.

"KKN Internasional ini adalah bagian dari kegiatan penting IAIH Pancor dalam usaha untuk hadir memberi manfaat kepada masyarakat dalam lingkup yang lebih luas, yakni Asia Tenggara," katanya.

IAIH Pancor ingin hadir di banyak tempat dalam wujud yang berkonstribusi memajukan kehidupan umat, tidak hanya itu, kegiatan KKN Internasional menjadi bagian dari wujud partisipasi akademik untuk memberikan pengalaman langsung pada pergaulan internasional antarbangsa kepada mahasiswa-mahasiswinya.

"Kami aktif menyiapkan pergaulan luas kepada mahasiswa-mahasiswi untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," katanya .

Saat ini IAIH Pancor telah memiliki dua orang mahasiswa asing asal Thailand yang sedang menempuh pendidikan pada kampus yang didirikan oleh Almagfurullah Maulasyeikh TGKH. Muhammad Zaenuddin Abdul Majadi yang juga Pahlawan Nasional asal NTB.

Sementara itu Ustadz Komarudin selaku wakil Mudir Pesantren Darul Muslim Yala, Fatoni Thaialand menyampaikan terima kasih kepada keluarga IAIH Pancor atas pengiriman mahasiswa KKN Internasional di pondok pesantren yang didirikan oleh orang tuanya.

"IAIH Pancor dapat terus melaksanakan kegiatan-kegiatan internasional, dan menjadikan pondok pesantren Darul Muslim Thailand sebagai mitra tetap," katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024