Jadi saat itu akan ada dua transit, masing-masing tiga kereta akan berputar dari Sumbu Kebangsaan, Sumbu Barat, Sumbu Timur, keliling dengan headway 5 menit.
Penajam Paser Utara (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) akan mengaspal perdana di kawasan Sumbu Kebangsaan Ibu Kota Nusantara (IKN) saat tahap uji coba, Senin (5/8).

"Jadi saat itu akan ada dua transit, masing-masing tiga kereta akan berputar dari Sumbu Kebangsaan, Sumbu Barat, Sumbu Timur, keliling dengan headway 5 menit," kata Menhub Budi di Istana Garuda IKN, Senin.

Ia mengatakan, sarana perkeretaapian atau rolling stock kereta ART saat ini sudah tersedia di Kota Balikpapan.

Baca juga: Menhub: Kereta otonom tanpa rel akan tiba di IKN akhir Juli

Menurut Menhub, skema kerja sama yang akan dilakukan antara pemerintah dengan BUMN China CRRC Zhuzhou Institute Co Ltd dan Norinco, selaku penyedia Kereta ART ini. Mereka akan memberikan layanan gratis selama Agustus hingga Desember 2024 kepada pengguna layanan.

"Kita memberikan jalan yang sudah dikonstruksi oleh Otorita IKN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan membuat marka-marka," katanya.

Baca juga: Presiden: IKN jadi contoh tata kelola pemerintahan yang baik dan cepat

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi menyebut keinginan Presiden Jokowi untuk menjadikan kereta ART sebagai moda transportasi yang ada di IKN.

"Dari sejak pertama kali saya melapor Presiden, beliau sangat ingin untuk menjadikan ini sebagai moda transportasi yang ada di IKN," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024