"Kalau 17 Agustus enggak ada masalah, ini udah bersih-bersih. Tapi memang perlu pekerjaan besar meskipun bersih-bersih, finishing akhir tapi masih pekerjaan besar,"
Ibu Kota Nusantara (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebutkan masih ada tahap pekerjaan penyelesaian akhir (finishing) hingga pembersihan di sejumlah area, terutama di Kantor Presiden atau Istana Garuda menjelang Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kalau 17 Agustus enggak ada masalah, ini udah bersih-bersih. Tapi memang perlu pekerjaan besar meskipun bersih-bersih, finishing akhir tapi masih pekerjaan besar," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden IKN, Kalimantan Timur, Senin.

Presiden menjelaskan bahwa progres pembangunan Kantor Presiden saat ini masih terus berjalan karena ribuan pekerja yang masih menyelesaikan pekerjaan.

Kepala Negara mengaku puas dengan progres Kantor Presiden saat ini. Namun demikian, ia mengaku tidak ingin terlalu sering meninjau agar tidak menghambat pekerjaan yang berlangsung.

"Banyak yang tinggal pembersihan sama finishing akhir. Pekerjanya kan masih banyak jadi saya enggak bisa membawa ke tempat-tempat yang orang bekerja agar tidak terganggu yang kerja," kata Presiden.

Meski masih banyak pekerja yang lalu-lalang di sekitar Kantor Presiden, sejumlah infrastruktur penunjang seperti listrik, pasokan air dan jaringan internet sudah bisa diakses.

Pada hari pertamanya berkantor di IKN, Presiden Jokowi menggelar rapat perdana dengan Otorita IKN dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024