Paris (ANTARA) - China telah menorehkan prestasi atletik luar biasa dan menunjukkan kemajuan signifikan di bidang olahraga dalam perjalanannya di Olimpiade sejak 1984, ketika negara itu meraih medali emas Olimpiade pertamanya di Olimpiade Los Angeles.

Berikut ini adalah kumpulan jepretan fotografer Xinhua yang mengabadikan beberapa momen paling ikonis dalam sejarah Olimpiade China.
 
Atlet lari China Liu Xiang berlaga di final nomor lari gawang 110 meter putra di Olimpiade Athena 2004 di Athena, Yunani, pada 27 Agustus 2004. Liu memenangi nomor lari gawang 110 meter putra dengan catatan waktu yang memecahkan rekor sekaligus menjadi atlet China pertama yang menyabet medali emas untuk nomor sprint Olimpiade. (Xinhua/Lan Hongguang)


Tim China (kiri) bertanding dengan tim AS di babak final bola voli putri pada Olimpiade Los Angeles 1984 di Los Angeles, Amerika Serikat, 8 Agustus 1984. Tim bola voli putri China berhasil mengalahkan tuan rumah Amerika Serikat dan merebut medali emas Olimpiade. (Xinhua)
 
Atlet menembak Xu Haifeng memenangkan medali emas Olimpiade pertama bagi kontingen China di Olimpiade Los Angeles 1984 di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 29 Juli 1984. (Xinhua/Guan Tianyi)

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024