Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan optimistis kegiatan atau program Penguatan Kompetensi Teknis Vokasi bagi warga desa dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia.
 
"Kami semua yakin melalui kebijakan Penguatan Kompetensi Teknis Vokasi bagi masyarakat desa, dapat merealisasikan angka kemiskinan tersebut," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT Luthfiyah Nurlaela saat memberikan sambutan, mewakili Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, pada Pembukaan Penguatan Kompetensi Teknis Vokasi dalam Mewujudkan Kemandirian Desa di Jakarta, Senin.
 
Sebelumnya, ia telah menyampaikan bahwa pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 menargetkan angka kemiskinan turun menjadi satu digit, sedangkan saat ini angka kemiskinan di desa berkisar 12,22 persen.
 
Terkait dengan hal itu, ia menekankan bahwa Penguatan Kompetensi Teknis Vokasi dapat membantu masyarakat desa memiliki keahlian teknis terkait dengan pembangunan desa yang dapat berkontribusi mengentaskan kemiskinan.

Baca juga: Kemendes bantu warga punya keahlian lewat penguatan kompetensi vokasi
 
Ia mencontohkan lewat penguatan kompetensi tersebut, masyarakat desa dapat dilatih memasarkan produk-produk dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ataupun Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma).
 
"Kita semua juga sangat optimistis mengingat desa memiliki BUMDes, BUMDesma, yang dapat memerankan diri sebagai lembaga perekonomian desa yang mampu menggerakkan roda perekonomian desa," ujar dia.
 
Meskipun begitu, Lutfiyah mengingatkan bahwa pengentasan kemiskinan secara optimal memerlukan kerja sama dari seluruh pihak terkait, bukan hanya Kementerian Desa PDTT.

Dengan demikian, kata dia, kolaborasi Kemendes PDTT dengan kementerian/lembaga terkait menjadi tumpuan untuk dikedepankan dalam pengentasan kemiskinan.
 
"Upaya mengentaskan kemiskinan bukan hanya tugas Kementerian Desa PDTT, melainkan juga tanggung jawab bersama seluruh kementerian/lembaga sebagai elemen pembangunan bangsa. Hal ini menjadi tantangan bersama ke depan untuk menurunkan angka kemiskinan sampai di angka satu digit," ucap dia.

Baca juga: Mendes sebut pendamping desa wujudkan pemerintahan berbasis masyarakat
Baca juga: Kemendes-Fatayat NU kerja sama dukung perempuan terlibat bangun desa

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024