Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Saat ini, perkembangan pesat sektor e-commerce, jasa pesan-antar makanan (food delivery), serta industri tidak padat modal dan berbiaya murah telah mengubah struktur pasar kemasan lokal. Sejalan dengan perubahan ini, pabrik kemasan kelak semakin dituntut untuk meningkatkan kapabilitas order secara komprehensif: produsen kemasan karton juga kini memiliki permintaan baru untuk peralatan label produk (short order) dan alat pengolahan karton lipat; di sisi lain, alat pengolahan kontainer makanan tambahan harus beradaptasi dengan perubahan di pasar food delivery dan e-commerce.

Agar pihak produsen mampu menangkap peluang permintaan pasar internasional di Asia Tenggara, RX akan menggelar WEPACK ASEAN 2024 pada 14-16 November 2024 di Malaysia International Trade and Exhibition Center (MITEC).

Mengeksplorasi ruang pasar baru di ASEAN dan menghadirkan ajang pameran untuk seluruh rantai industri

Diadakan oleh RX, WEPACK ASEAN adalah ajang pameran dagang internasional yang dirancang khusus untuk rantai industri kemasan di Asia Tenggara. Ajang ini melibatkan sumber daya rantai industri kemasan global yang telah eksis selama 30 tahun terakhir. Lewat ajang ini, RX mendukung negara-negara di Asia Tenggara untuk memperbarui rantai industri kemasan, mulai dari bahan baku produk kemasan hingga alat-alat produksi dan teknologi aplikasi kemasan. Dengan menyatukan produsen kemasan dan beragam praktisi industri dari 10 negara ASEAN, WEPACK ASEAN menjadi platform khusus bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di segmen alat-alat pengolahan kemasan, barang-barang habis pakai (consumable) dan berbagai layanan seperti kemasan karton, karton lipat dan kemasan fleksibel. Di WEPACK ASEAN, perusahaan-perusahan ini dapat mengembangkan pasar di negara-negara ASEAN, memperluas bisnis, dan menjalin kerja sama. WEPACK ASEAN juga didukung penuh mitra-mitra strategis, seperti Malaysia Convention & Exhibition Bureau (MyCEB), World Packaging Organization (WPO), dan Asian Corrugated Case Association (ACCA), pada tahun ini.

Ajang pameran yang telah diperbarui secara komprehensif, menyediakan jalur baru untuk merambah pasar global

Dibandingkan edisi sebelumnya, WEPACK ASEAN 2024 memiliki konsep, skala, dan rangkaian acara yang baru, serta terus menyajikan prospek industri terkini.

Luas area pameran WEPACK ASEAN 2024 mencapai 12.000 meter persegi, menampilkan lebih dari 200 perusahaan dalam dan luar negeri yang memproduksi peralatan dan produk kemasan. Ajang ini juga akan diikuti lebih dari 5.000 pengunjung dari kalangan profesional dan agen penyalur di industri kemasan Asia Tenggara. Lebih lagi, WEPACK ASEAN 2024 telah mendapat dukungan lebih dari 50 asosiasi internasional dan media. 

Tahun ini, cakupan pameran WEPACK ASEAN pun semakin luas, meliputi peralatan pengolahan kemasan makanan, produk kemasan dan kontainer, logistik internal dan pabrik otomatis, material kertas dan barang-barang habis pakai lain, pameran bahan kertas mentah, serta pameran perdagangan bahan kertas. Selain itu, sesi pengadaan barang di lokasi pameran dan sesi distribution matchmaking juga digelar WEPACK ASEAN. Dengan demikian, pengunjung memperoleh pameran yang benar-benar baru.

Menangkap peluang pasar Asia Tenggara dan memanfaatkan ruang pertumbuhan untuk mendunia

Sebagai perekonomian terbesar keenam di dunia, basis konsumen di ASEAN tengah berkembang pesat. Pertumbuhan e-commerce di Asia Tenggara, lokasi ASEAN, mendorong lonjakan permintaan kemasan barang konsumen seperti kemasan logistik dan kemasan karton lipat. Setelah semakin menyadari isu-isu lingkungan hidup, pemerintah di beragam negara pun kian membutuhkan produk-produk berkelanjutan sehingga pabrik kemasan harus mempertimbangkan solusi tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah di beragam negara ASEAN gencar membangun kawasan industri dan pengembangan ekonomi, serta melansir kebijakan penurunan dan insentif pajak. Didukung dividen demografi dan pembangunan pabrik berbiaya rendah, jumlah perusahaan yang mendirikan pabrik dan berinvestasi di ASEAN semakin bertambah banyak. Tren ini juga mendorong kenaikan permintaan di industri kemasan.

Empat kegiatan bertema khusus menyajikan analisis multidimensi

1.  "Southeast Asia Packaging Industry Summit"
Southeast Asian Packaging Industry Summit adalah ajang berbagi pengalaman industri pada tingkat regional. Ajang ini memfasilitasi pertukaran informasi, eksplorasi teknologi, dan prediksi tren. Lebih lagi, ajang ini menghubungkan industri hulu dan hilir, serta menjadi ajang industri yang membahas karakteristik industri kemasan dan percetakan di Asia Tenggara, melibatkan hampir 200 peserta.

2.  Lima area khusus untuk menjamu perusahaan-perusahaan kemasan terkemuka
Pameran ini menggelar area khusus untuk menjamu perusahaan-perusahaan kemasan terkemuka. Di area-area ini, produsen kertas, pabrik kemasan, dan perusahaan terminal dapat menjamu klien dan jaringannya.

3.  800 sesi trade match-making dengan 500+ pihak pembeli asing
Pihak penyelenggara kegiatan akan menggelar area eksklusif untuk 800 sesi trade match-making di lokasi pameran. Menurut rencana, pihak penyelenggara akan mengundang lebih dari 500 pihak pembeli asing dalam sesi TAP match-making, serta menyediakan layanan khusus bagi pihak ekshibitor dan pembeli asing yang berniat untuk melakukan pembelian. Maka, ekshibitor dapat terus memperluas pengaruh internasional dan pangsa pasar selama ajang ini berlangsung.

4.  "A-Thousand-Person Annual Dinner of Malaysian Corrugated Carton Manufacturers' Association" (MACCMA)
Gala Tahunan MACCMA akan digelar bertepatan dengan pameran tersebut. Produsen kemasan karton di Malaysia dan asosiasi lokal di Asia Tenggara dapat berkumpul di Kuala Lumpur untuk mengikuti gala tahunan sekaligus pameran. Pihak penyelenggara acara juga akan menerapkan kuota jumlah peserta di gala tahunan ini. Ekshibitor bisa menemui KOL industri dan perusahaan di Asia Tenggara di sesi tersebut.

Perusahaan-perusahaan ternama hadir di enam area pameran dan berbagai pengunjung berbagi tentang kesan positif

Paper ASEAN

Menyatukan pemasok bahan baku kertas dunia, Paper ASEAN memamerkan bahan kertas kemasan, bahan kertas percetakan untuk sektor kebudayaan dan komersial, bahan kertas khusus, serta bahan dan papan kertas lain. Dengan demikian, Paper ASEAN menjadi platform yang dirancang khusus untuk menjalin komunikasi antara pabrik kertas, distributor, dan perusahaan yang bergerak di sektor hilir, serta perusahaan desain. Paper ASEAN melengkapi kanal-kanal pengadaan barang dan menghemat biaya produksi.

Corrugated ASEAN

Ajang ini menghadirkan pihak pemasok bermutu tinggi dari seluruh kategori di dunia. Corrugated ASEAN memamerkan alat-alat berteknologi canggih dan hemat biaya. Maka, ajang ini membantu produsen kemasan kardus menangkap peluang perkembangan bisnis, serta memangkas pengeluaran dan menghemat biaya sekaligus meningkatkan efisiensi dan pembangunan berkelanjutan.

Food Pack & Tech ASEAN

Sebagai pameran dagang yang menampilkan sisi teknis dari alat pengolahan kontainer kemasan makanan, Food Pack & Tech ASEAN mengulas aspek manufaktur, pengolahan, pembuatan dan deteksi kontainer kemasan makanan dalam seluruh proses. Ajang ini juga menjadi platform perdagangan terpadu yang menampilkan peralatan dan teknologi pengolahan kontainer kemasan makanan.

FoldingCarton ASEAN

Memimpin tren baru di industri post-printing, FoldingCarton ASEAN menampilkan alat-alat pengolahan post-printing karton lipat yang hemat biaya, teknologi inovatif, dan informasi visioner. Dengan demikian, perusahaan post-printing karton lipat bisa mempercepat otomatisasi dan intelligent upgrading, mengeksplorasi jalur pengembangan bisnis baru yang bernilai tambah, serta mencapai pembangunan terdiversifikasi dan berkelanjutan.

DPrint ASEAN 2023

DPrint ASEAN menampilkan peralatan dan teknologi aplikasi digital dalam seluruh kategori produk percetakan dan forming. Lebih lagi, ajang ini memamerkan teknologi canggih dan membahas tren industri bagi perusahaan kemasan dan pengguna akhir. Dengan demikian, para pelaku industri dapat menghemat biaya & meningkatkan efisiensi, serta mencapai produksi yang ramah lingkungan sekaligus menangkap peluang baru untuk ekspansi bisnis dan pembangunan berkelanjutan. 

PACKCON ASEAN

Dengan menghadirkan material, produk, dan tren baru untuk seluruh kategori produk kemasan, PACKCON ASEAN mendukung pemilik merek meningkatkan nilai tambah dan daya saing, serta mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

Kegiatan menarik lain menanti Anda di lokasi acara. Pada 14-16 November 2024, Anda dapat berkunjung ke MITEC untuk mengikuti WEPACK ASEAN 2024!

Hubungi kami

Reservasi stan pameran
Mr. Adward Lu
021-2231 7103

Konsultasi media sosial di pasar luar negeri
Ms. Jessica Zhu
021-2231 7059

Konsultasi kunjungan
Mr. Alan Lee
+86-21-2231 7155

Informasi lebih lanjut tersedia di:

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024