"Hari ini Bapak Presiden dan Ibu Negara akan bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara. Besok Beliau akan berkantor di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara,"
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (28/7) kemarin menjadi sorotan, mulai dari Presiden Joko Widodo yang akan mulai bekerja di IKN pada hari ini hingga Mochammad Afifuddin telah disepakati sebagai Ketua KPU RI secara definitif.

Berikut rangkuman berita politik yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Istana: Presiden Jokowi berkantor di IKN Senin besok

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menyampaikan, Presiden Joko Widodo akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (29/7).

"Hari ini Bapak Presiden dan Ibu Negara akan bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara. Besok Beliau akan berkantor di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara," ujar Yusuf dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

2. KPU RI umumkan Afifuddin disepakati sebagai ketua definitif

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia mengumumkan bahwa Mochammad Afifuddin telah disepakati sebagai Ketua KPU RI secara definitif menggantikan Hasyim Asy'ari yang beberapa waktu lalu dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan Afifuddin disepakati menjadi ketua definitif setelah seluruh anggota beserta sekretaris jenderal menggelar rapat pleno pada Minggu siang.

"Hari ini karena kebutuhan organisasi, kami melaksanakan rapat pleno secara lengkap yang dihadiri enam pimpinan KPU RI," kata August Mellaz sebelum pembukaan Rapat Pleno Penetapan Hasil Pemilu Serentak Tahun 2024 Pasca-Pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi di Gedung KPU RI, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

3. Presiden: Sidang kabinet perdana di IKN menunggu kehadiran menteri

Presiden Joko Widodo mengatakan penyelenggaraan sidang kabinet perdana di Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN) menunggu kehadiran jajaran menteri yang beberapa di antaranya masih berada di luar negeri.

"Ratas (rapat terbatas) nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air karena banyak, masih ada yang di Paris," kata Presiden di sela kunjungan kerja di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

4. Ilham Habibie soroti masalah daerah Jabar hadapi program aglomerasi

Bakal Calon Gubernur Jawa Barat dari Partai Nasdem, Ilham Habibie, menyoroti permasalahan di daerah Provinsi itu, seperti Kota dan Kabupaten Bogor dalam program aglomerasi.

Ilham dalam diskusi “Persiapan dan Kesiapan Daerah di Jawa Barat Dalam Menghadapi Program Aglomerasi” di Universitas Nusa Bangsa Kota Bogor, Minggu, mengatakan, banyak hal yang bisa diselesaikan dengan kolaborasi antara pemerintah dan industri. Seperti ekonomi, pendidikan, dan sampah.

Ia menyampaikan daerah aglomerasi Jabodetabek selalu mengalami pertambahan jumlah penduduk. Namun tidak seiring dengan ketersediaan lapangan pekerjaannya.

Selengkapnya klik di sini.

5. Sekjen Ombudsman Suganda Pasaribu dapat dukungan jadi Capim KPK

Sekretaris Jenderal Ombudsman Republik Indonesia Suganda Pandapotan Pasaribu menyampaikan apresiasi kepada berbagai kelompok masyarakat yang menyampaikan dukungan kepadanya yang lolos seleksi administrasi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI periode 2024–2029.

"Terima kasih atas dukungan masyarakat yang disampaikan baik secara langsung maupun secara tertulis. Saya menghargai dukungan dan kepercayaan yang diberikan, doakan proses ini dapat berjalan dengan lancar," kata Suganda dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024