Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemberitaan di DKI Jakarta dalam sepekan cukup menarik perhatian publik, yakni KPU telah menuntaskan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilgub 2024 hingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sarankan sekolah untuk memasang papan informasi publik sebagai wujud agar masyarakat khususnya orang tua peserta didik mendapatkan akses informasi yang adil dan merata.

Berikut lima pemberitaan DKI Jakarta selama sepekan yang masih dapat dinikmati para pembaca untuk mengawali pagi di akhir pekan ini:

 

1. KPU DKI tuntaskan coklit data pemilih tepat waktu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menuntaskan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilgub 2024 sebesar 100 persen dari jumlah keseluruhan sebanyak 8,3 juta data pemilih.

"Proses coklit di DKI Jakarta per hari ini sudah selesai 100 persen," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi DKI Jakarta Fahmi Zikrillah di Jakarta, Rabu (24/7).

Berita selengkapnya klik di sini


2. KI DKI terima hampir 200 sengketa informasi pada 2024

Komisi Informasi DKI Jakarta menerima hampir 200 sengketa informasi yang mayoritas bukan persoalan informasi terbuka atau tertutup dari badan publik pada 2024.

"Tahun ini sudah hampir 200. Di badan publik yang lain, yang ada desanya itu sampai 400 sengketa informasi. Sederhananya, yang dipersoalkan bukan soal informasi terbuka atau tertutup, tetapi karena tidak dilayani (badan publik), karena tidak tahu cara melayani," kata Wakil Ketua KI DKI Jakarta Luqman Hakim Arifin di Jakarta, Jumat (26/7).

Berita selengkapnya klik di sini


3.
 DKI ingin perkuat sinergi dengan Pemerintah Metropolitan Seoul

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin memperkuat sinergi dan kerja sama dengan mitra strategis termasuk dengan Pemerintah Metropolitan Seoul khususnya di bidang pariwisata dalam rangka menyongsong status menjadi kota global.

"Dalam waktu dekat, Jakarta menghadapi tantangan baru untuk menjadi kota global. Kami ingin memperkuat sinergi dan bekerja sama dengan mitra strategis kami termasuk Pemerintah Metropolitan Seoul," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Sabtu, pada peringatan hubungan kerja sama antara kota Jakarta dengan kota Seoul, Korea Selatan sebagai kota kembar (sister city) yang telah berusia 40 tahun.

Berita selengkapnya klik di sini


4.DKI jadikan pemenang Ajang Kreasi Pemuda sebagai Duta Kreator

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menjadikan pemenang Ajang Kreasi Pemuda Jakarta sebagai Duta Kreator agar bisa terus bersemangat menuangkan ide-ide terbaiknya.

"Insyaallah para pemenang bisa menjadi Duta Kreator mewakili pemuda di Jakarta dan Indonesia," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Andri Yansyah di Jakarta, Minggu (28/7).

Berita selengkapnya klik di sini


5.DKI sarankan sekolah pasang papan informasi untuk publik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyarankan sekolah memasang papan informasi untuk publik sebagai wujud agar masyarakat khususnya orang tua peserta didik mendapatkan akses informasi yang adil dan merata.

"Idealnya di setiap sekolah punya papan yang bisa dilihat oleh khalayak. Kasih judul Papan Informasi Publik. Isinya, yang biasanya menarik bagi semua adalah masalah anggaran," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo di Jakarta, Jumat (26/7).

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024