Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo diinformasikan akan menghadiri sekaligus membuka Healthy Cities Summit (HCS) VI/2024 dengan kegiatan yang difokuskan di Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Senin (29/7).

"Kami masih berkoordinasi dengan pihak istana dan telah mempersiapkan segala sesuatunya dan menurut informasi Pak Jokowi akan menghadiri sekaligus membuka HCS tingkat nasional di Palabuhanratu pada Senin (29/7)," kata Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman di Sukabumi, Minggu.

Ia menjelaskan pembukaan kegiatan nasional untuk meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan ini akan ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden Jokowi, menandai dimulainya rangkaian acara yang juga dihadiri oleh ratusan kepala daerah dari seluruh Indonesia.

Selain itu, Presiden Jokowi akan didampingi empat menteri yang nantinya akan memberikan sejumlah materi kepada para peserta yang hadir dari Sabang sampai Merauke ini.

Adapun menteri yang dijadwalkan hadir dan memberikan pemaparan, antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dengan materi tentang sinergisitas dan kolaborasi lintas sektor dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui implementasi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Selain itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan membahas arah dan kebijakan penyelenggaraan kabupaten/kota sehat di Indonesia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan memaparkan tentang transformasi layanan kesehatan untuk mendorong akselerasi membentukan Smart Health City, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar akan membahas perubahan iklim, polusi udara, dan kesehatan masyarakat.

Baca juga: Sejumlah kepala daerah mulai berdatangan ke Sukabumi ikuti HCS
Baca juga: DLH Sukabumi patroli pantau kesiapan objek wisata jelang HCS
Baca juga: Jelang HCS Pemkab Sukabumi terus benahi berbagai fasilitas wisata

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024