Jakarta (ANTARA) - Pembalap Mercedes George Russell menyegel gelar GP Belgia setelah merebut posisi terdepan dari rekan setimnya, Lewis Hamilton.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu, Russell mencatatkan waktu tercepat 1 jam 19 menit 57,040 detik atau unggul dari Hamilton +0,526 detik.

Podium ketiga ditempati oleh pembalap McLaren, Oscar Piastri yang mencatatkan waktu +1,173 detik. Sementara pembalap Ferrari, Charles Leclerc yang memulai balapan dari posisi pole menempati posisi keempat dengan catatan waktu +8,549 detik.

Sedangkan sang juara bertahan, pembalap Red Bull, Max Verstappen yang memulai balapan dari posisi ke-11 usai terkena penalti mengakhiri balapan dengan finis di posisi kelima +9,226 detik. Di urutan keenam terdapat pembalap McLaren, Lando Norris dengan catatan +9,850 detik.

Lalu disusul oleh pembalap Ferrari, Carlos Sainz dengan catatan +43,195 detik, Sergio Perez yang memulai balapan di posisi kedua harus puas finis di urutan kedelapan dengan catatan +43,195 detik. Lalu di urutan berikutnya secara berurutan ditempati oleh Fernando Alonso dan Esteban Ocon.

Baca juga: Verstappen sebut Red Bull tidak yakin bakal kompetitif di GP Belgia

Selama balapan, strategi Russell berhasil diaplikasikan dengan menggunakan ban keras yang hanya sekali memasuki pit stop tepatnya di lap kesepuluh.

Pada awal balapan, Leclerc memulai start dengan bagus dan menjaga posisi terdepan diikuti oleh Hamilton dan Perez. Balapan berjalan dua lap, Verstappen merangkak naik ke posisi kedelapan dan terus memburu posisi terdepan.

Memasuki pertengahan balapan, Russell mendepak posisi Perez yang berada di empat besar usai melakukan pit stop cepat di lap kesepuluh. Memasuki lap ke 31, Russel mampu memangkas waktu dari pesaing di depannya yang tengah mengganti ban di pit stop.

Baca juga: Meski kena penalti, Verstappen tetap dominan di sesi latihan GP Belgia

Kondisi balapan kemudian dipimpin oleh duo Mercedes hingga lap ke-33. Norris mencoba mengganggu posisi Verstappen di perebutan tempat kelima, sedangkan Hamilton mencoba memangkas jarak waktu dari rekan setimnya, Russell.

Dengan balapan tersisa tujuh lap, Russell dengan cerdik mampu menjaga kondisi ban keras yang bermain di sirkuit dengan kondisi panas selama balapan. Russel kian tak terkejar dengan pesaing terdekatnya dengan mengamankan gelar GP Belgia.

Kemenangan ini membuat Russell menjadi pembalap kedua setelah Verstappen yang memenangkan balapan lebih dari satu seri di musim ini.

Hasil balapan Formula 1 GP Belgia:
1. George Russell - Mercedes
2. Lewis Hamilton - Mercedes
​​​​​​​3. Oscar Piastri - McLaren
​​​​​​​4. Charles Leclerc - Scuderia Ferrari
​​​​​​​5. Max Verstappen - Red Bull Racing

Baca juga: Norris miliki ekspektasi lebih jelang kualifikasi GP Belgia

Baca juga: Piastri tepis rumor merenggangnya hubungan baik dengan Norris

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024