Baik bagi masyarakat, wisatawan lokal dan mancanegara, meliputi empat pilar, yaitu daya saing daerah, keberlanjutan, keunikan dan pariwisata bernilai tinggi
Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, telah menyusun regulasi berupa peraturan wali kota sebagai payung hukum tentang penyelenggaraan pariwisata yang berkualitas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wing Wiyarso di Semarang, Minggu, menjelaskan bahwa pariwisata berkualitas merupakan sebuah ekosistem pariwisata yang mampu menciptakan kenyamanan, kepuasan, kebahagiaan, kesejahteraan dan keberlanjutan.

"Baik bagi masyarakat, wisatawan lokal dan mancanegara, meliputi empat pilar, yaitu daya saing daerah, keberlanjutan, keunikan dan pariwisata bernilai tinggi," katanya.

Menurut dia, pariwisata di Kota Semarang telah memberi dampak yang signifikan dalam menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

Meski indikator pencapaian kuantitatif sudah sangat baik, kata dia, masih diperlukan upaya untuk mengoptimalkan dampak pariwisata terhadap ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan.

Pariwisata yang berkualitas, kata dia, juga perlu memastikan bahwa keberadaan pariwisata memberikan dampak positif terhadap kualitas hidup masyarakat lokal melalui penciptaan lapangan kerja, peningkatan infrastruktur dan pelestarian budaya serta lingkungan.

Baca juga: Disbudpar Semarang target Jembatan Kaca Tinjomoyo beroperasi awal 2025

Baca juga: KAI Daop Semarang sediakan layanan perjalanan rombongan wisata sekolah


Lebih lanjut, Wing menyampaikan bahwa Kota Semarang menjadi destinasi liburan yang sempurna bagi wisatawan.

Ia mencontohkan tempat-tempat bersejarah, seperti Lawang Sewu dan Kota Lama, hingga destinasi wisata bernuansa pedesaan seperti Desa Wisata Kandri, Bukit Senja, hingga Pantai Tirang.

Selain itu, kata dia, ditambah dengan keragaman kultur budaya yang luar biasa yang menjadi cerminan harmoni dan toleransi antara berbagai kelompok etnis dan agama yang hidup berdampingan.

Ia mengatakan bahwa keragaman budaya di kota Semarang menjadi salah satu daya tarik unik yang memberikan pengalaman wisatawan yang tengah berkunjung di Kota Lumpia.

"Tidak kalah menariknya adalah kekayaan kuliner Semarang, dengan hidangan khas seperti lumpia Semarang, wingko babat dan tahu pong yang menggugah selera," katanya.

Untuk mewujudkan pengembangan kepariwisataan di Kota Semarang, kata dia, peran strategis sektor pariwisata perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin yang diatur dalam perwal tersebut.

"Melalui pembangunan seluruh aspek yang terkait, yaitu aspek destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata, industri pariwisata, dan kelembagaan pariwisata," katanya.

Ia berharap pembangunan aspek- aspek tersebut dapat memberikan nilai tambah optimal dari keberadaan sektor pariwisata bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kota Semarang.

"Saat ini jumlah wisatawan Kota Semarang selalu menjadi yang tertinggi di Jawa Tengah dalam 10 tahun terakhir, dan Kota Lama sebagai daya tarik wisata paling banyak dikunjungi wisatawan nusantara," kata Wing.

Baca juga: Pemkot Semarang gelar pemilihan Denok Kenang 2024 promosikan wisata

Baca juga: Disbudpar Semarang benahi kawasan wisata Tugu Dandang

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024