Medan (ANTARA) - PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara menyebutkan maskapai Citilink anak perusahaan Garuda Indonesia membuka rute penerbangan langsung Kualanamu-Jeddah pulang pergi.
 
"Kami menyambut baik hadirnya rute perdana penerbangan umrah maskapai Citilink ini," ucap Director of Commercial and Business Development PT Angkasa Pura Aviasi Kedar Deshpande di Deli Serdang, Sumatera Utara, Ahad.
 
Usai  seremoni di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang yang dihadiri Direktur Niaga dan Kargo PT Citilink Indonesia Ichwan F Agus dan sejumlah pemangku kepentingan, Kedar mengatakan rute Kualanamu - Jeddah mulai dioperasikan pada Minggu ini.
 
Pihaknya mengaku gembira dengan rute baru itu karena memenuhi kebutuhan calon jamaah umrah, khususnya jamaah asal Sumatera Utara yang terus meningkat setiap tahun.

Baca juga: MNC Bank-Citilink jalin kolaborasi program kartu kredit "co-branding"

Baca juga: AP II pastikan sistem IT maskapai di Bandara Soetta normal


Data Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara menyebut, sebanyak 38.224 jamaah umrah telah berangkat ke tanah suci pada 2023 meningkat sekitar 36,54 persen dibandingkan pada 2022.
"Kami juga merealisasikan jalur transit internasional ke domestik. Tentu ini memudahkan jamaah umrah melanjutkan penerbangan dengan maskapai yang sama saat tiba di Bandara Kualanamu," jelasnya.
 
Sebab, lanjut dia, jalur transit internasional ke domestik ini bertujuan memberikan pelayanan bagi penumpang untuk mempermudahkan perjalanan dengan proses lebih cepat dan ringkas.
 
Dalam penerbangan perdana ini, maskapai Citilink menggunakan pesawat Boeing A330-900 NEO rute Jeddah - Kualanamu yang membawa sebanyak 358 penumpang, dan Kualanamu - Jeddah diisi oleh 360 penumpang jamaah umrah.
 
"Tentunya kami berdoa seluruh jamaah umrah yang berangkat siang ini senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT, baik di tanah suci maupun kembali ke tanah air," tutur Kedar.
 
Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah II Medan Sokhib Al Rokhman menyambut positif atas beroperasinya maskapai Citilink rute penerbangan ke tanah suci.
 
Pihaknya menyebutkan penerbangan umrah berbasis melayani penerbangan sewa oleh penyelenggara umrah akibat semakin tinggi masa tunggu ibadah haji di Sumatera Utara.
 
"Seperti Citilink ini, sedikitnya ada empat travel umrah berangkat siang tadi. Setidaknya sampai 26 Oktober 2024, Citilink tiba di Kualanamu membawa jamaah umrah," tegas Sokhib.

Baca juga: Garuda Indonesia angkat mantan KSAU Fadjar Prasetyo jadi Komut

Baca juga: Perkuat Layanan Antarmoda, Kini Bisa Pesan Bus DAMRI di BetterFly Citilink
 
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024