Pemkab Gianyar bekerja sama dengan Perum Bulog untuk memberikan harga di bawah harga pasaran
Gianyar, Bali (ANTARA) - Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa menyatakan Gerakan Pangan Murah merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi kenaikan harga bahan pokok dan membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga murah.

"Di pertengahan tahun ini harga sudah mulai naik, seperti beras karena di bulan ini merupakan musim tanam, namun Pemkab Gianyar bekerja sama dengan Perum Bulog untuk memberikan harga di bawah harga pasaran," kata PJ Bupati Gianyar saat meninjau Gerakan Pangan Murah di Alun-Alun Gianyar, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar di Gianyar, Bali, Minggu.

Gerakan Pangan Murah ini merupakan gerakan menstabilkan pasokan dan harga pangan serta menjaga inflasi tetap stabil dalam menyambut HUT Badan Pangan Nasional yang ke-3 tanggal 29 Juli 2024.
 
Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa meninjau langsung Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Gianyar.

"Jika harga murah kan inflasi tetap stabil,” ujar Bupati.

Kepala DKPKP Gianyar I Gusti Ayu Dewi Hariani menyampaikan kegiatan ini memang dicanangkan oleh pemerintah pusat untuk dilaksanakan di daerah-daerah termasuk Gianyar, guna menstabilkan pasokan dan harga pangan serta menjaga inflasi.

Baca juga: Bupati Gianyar hadiri temu bisnis UMKM

Baca juga: DPRD Gianyar awasi penerapan aturan ketenagakerjaan

 
Selanjutnya Dewi Hariani menyampaikan selain menstabilkan harga, pelaksanaan gerakan pangan murah ini bisa mendidik masyarakat untuk berjualan tanpa perlu melalui pihak kedua.

Sebanyak 21 pedagang yang ikut dalam pelaksanaan GPM kali ini di antaranya Perum Bulog, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, Prima Food, Puspa Aman Tulikup dan kelompok binaan yang memang bekerjasama dengan Pemkab Gianyar.

Adapun barang-barang yang dijajakan di antaranya beras, minyak goreng, buah-buahan, telur, sayur-sayuran, tempe, tahu, dan juga produk olahan seperti cendol, jajanan Bali, sate dan lain sebagainya.
 
“Ini menjadi bentuk kepedulian pemerintah ke masyarakat, bisa dibilang harga yang dijajakan oleh pedagang disini lebih murah dari pada di pasaran,” terang dia.
 
Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati didampingi Sekda Gianyar dan Kepala OPD (organisasi perangkat daerah) terkait di lingkungan Pemkab Gianyar.

Baca juga: Bupati Gianyar luncurkan perlindungan 4.417 pekerja rentan desa

Baca juga: BSA pamerkan teknologi manajemen air PDAM di World Water Forum

 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024