Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengatakan tidak ingin lengah dan mengendurkan fokusnya demi menghadapi laga kedua fase grup Olimpiade Paris 2024.

Adapun Ginting dijadwalkan untuk berjumpa dengan wakil tuan rumah Toma Junior Popov pada Rabu (31/7) WIB, pada pertandingan yang digelar di Porte De La Chapelle Arena.

“Akan berdiskusi bersama pelatih tentang calon lawan besok seperti apa, kondisi lapangan juga seperti apa. Jadi, fokus utama saya mempersiapkan diri sendiri dulu, jaga fisik, recovery, makan, dan semoga di lapangan nanti bisa bermain dengan baik,” jelas Ginting, dikutip dari keterangan singkat Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Minggu.

“Usaha saya juga harus lebih ekstra, coba fokus satu demi satu (pertandingan), lalu menyiapkan untuk (pertandingan) lusa. Meskipun di atas kertas unggul, tapi di lapangan, semua bisa saja terjadi, tapi yang penting, diri saya sendiri sudah siap,” imbuh dia.

Baca juga: Ginting tampil dominan dan raih kemenangan pertama dalam fase grup

Ginting sendiri baru saja membungkus kemenangan laga pertama fase grup atas wakil Amerika Serikat Howard Shu melalui dua gim langsung, 21-14, 21-8.

Mengenai jalannya pertandingan, tunggal putra peringkat sembilan dunia itu mengatakan ia mampu beradaptasi dengan ketegangan dan atmosfer pertandingan dengan cukup baik.

“Cukup sulit di awal (gim), tapi dengan berjalannya poin, saya coba buat lebih rileks dan enjoy, tapi juga fokus,” ungkap Ginting.

“Semua pemain juga merasakan hal (ketegangan) yang sama. Karena ini Olimpiade, semuanya ingin (menang), jadi harus bisa kontrol (pikiran) dengan baik. Hal-hal nonteknis itu memengaruhi permainan,” ujarnya menambahkan.

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting bersama pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah pada pemusatan latihan tim bulu tangkis Indonesia di Chambly, Prancis, Senin (15/7/2024). (ANTARA/HO/PP PBSI)
Baca juga: Pelatih berharap Jonatan dan Ginting main tenang dalam Olimpiade Paris

Di sisi lain, terdapat tiga wakil Indonesia lainnya yang berlaga pada hari kedua Olimpaide Paris 2024 untuk cabang olahraga bulu tangkis.

Sebelumnya, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti kalah dari unggulan pertama Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) dengan skor 12-21, 22-24.

Lebih lanjut, ada ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang kalah telak dari unggulan pertama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) melalui dua gim langsung, 10-21, 3-21.

Sementara dari tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung menang atas wakil Ukraina Polina Buhrova dengan skor 21-10, 21-15.

Baca juga: Persiapan Olimpiade Paris, Anthony Ginting: Tidak mau berpikir jauh

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024