Banjarmasin (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka bakal menerima penghargaan olahraga di pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV tahun 2024 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Dengan kiprah mas Gibran membangun olahraga selama memimpin kota Solo, Siwo PWI Pusat memutuskan memberikan penghargaan tokoh muda peduli olahraga,” kata Ketua Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Pusat Agus Susanto di Banjarmasin, Minggu.

Agus menyebut dalam dunia olahraga Gibran membuktikan telah banyak berkontribusi.

Beberapa di antaranya suksesnya Solo menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2022 dan ASEAN Para Games 2022.

Bahkan Gibran membawa gelaran Peparnas 2024 ke kota Solo termasuk sukses menjadikan Solo sebagai kiblat atlet Paralimpian se-Indonesia.

Baca juga: Gibran dijadwalkan hadir pada pembukaan Porwanas XIV Kalsel

Gibran juga menjadi sosok terciptanya program Sport Tourism di Kota Bengawan.

“Mudah-mudahan mas Wapres terpilih bisa meluangkan waktu berhadir di Kalimantan Selatan saat Porwanas nanti,” katanya.

Sementara Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie mengatakan kehadiran Gibran di ajang akbar bidang olahraga para wartawan se-Indonesia tahun ini di Kalsel menjadi kebanggaan bagi tuan rumah dan seluruh kontingen.

"Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Presiden Joko Widodo hadir di Kalsel, mudah-mudahan Wapres terpilih juga bersedia hadir di Bumi Kalsel Babussalam," ucapnya.

Baca juga: PWI anugerahi Gibran penghargaan pada Porwanas ke-XIV

Diketahui Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor telah menyerahkan langsung undangan pembukaan Porwanas kepada Gibran di sela pisah sambut Walikota Solo di Taman Bale Kambang, Surakarta, Jumat (27/7).

Pembukaan Porwanas digelar Selasa (20/8/2024) di Gelanggang Olahraga (Gelora) Paman Birin di Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Porwanas tahun ini yang dilaksanakan mulai 19 sampai 26 Agustus 2024 mempertandingkan 12 cabang olahraga yakni atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, catur, futsal, tenis meja, domino, e-Sport, tenis lapangan dan balogo.

Kemudian ada juga lomba karya jurnalistik baik reportase teks, reportasi video dan reportase radio dengan mengangkat tema Geopark Meratus.

Baca juga: Gubernur Kalsel undang Wapres terpilih Gibran pada Porwanas 2024
Baca juga: Sasirangan terpanjang jadi suguhan istimewa Porwanas 2024

Pewarta: Firman
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024